Hari Pejalan Kaki Sedunia, PSI Usulkan Revolusi Transportasi

Dalam rangka hari pejalan kaki sedunia, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PSI bidang Lingkungan Hidup dan Agraria, Mikhail Gorbachev Dom angkat bicara soal masyarakat Indonesia yang dinobatkan menjadi masyarakat yang paling malas berjalan kaki, dimana angka rata rata masyarakat Indonesia berjalan kaki setiap hari adalah 3.515 langkah, lebih rendah dari rata rata global yaitu 4.961 langkah.

“Males jalan kaki orang Indonesia udah ngga ada obat sih, kecuali kita berani melakukan Revolusi Transportasi, pertama tentunya kita menunjang infrastruktur nonmotorize vehicle, jadi kita dukung pedesterian lengkap dengan jalur sepedahnya di semua kota di Indonesia. Kedua kita mendorong masyarakat menggunakan kendaraan umum sebagai opsi motorize vehicle mereka, artinya kita harus menyediakan transportasi publik yang terintegrasi dan menjangkau semua wilayah” kata Gorba, panggilan akrabnya.

Gorba mengaku usulnya tersebut adalah tawaran kebijakan Partai Solidaritas Indonesia jika nanti mereka terpilih di 2024. “Kami sudah menghitung untung rugi kebijakan ini, ini adalah tawaran kami pada Indonesia, jika kami lolos DPR RI maka kami akan melegalkan tawaran ini lewat peraturan perundangan, hal itu juga akan kami lakukan di DPRD, tempat Fraksi PSI terpilih” tambah Gorba dalam keterangan tertulisnya, Minggu 22 Januari 2023.

Menurut Gorba tawaran PSI ini lebih unggul dari sekedar beralih ke kendaraan listrik. “Jadi kalau sekarang dunia mau beralih ke kendaraan listrik, Indonesia butuh lebih dari itu, permasalahan utama transportasi di Indonesia harus dipecahkan dahulu, transportasi publik harus ditata dengan baik oleh tiap kota, baru setelah itu mobil pribadi yang tersisa kita alihkan menjadi kendaraan listrik untuk mengurangi polusi udara,” tutup Gorba.

Recommended Posts