Aliansi Masyarakat Jogja Bersatu Serahkan Petisi ke PSI DIY, Usung Ganjar Pranowo Jadi Capres

Belasan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Jogja Bersatu menyambangi Kantor DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DIY di kawasan Timoho, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Sabtu (25/2/2023) sore.

Kedatangan mereka bertujuan untuk mendesak konsistensi PSI soal wacana pengusungan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI 2024.

Ketua Aliansi Masyarakat Jogja Bersatu, Sigit Sulistyo, mengatakan pihaknya berharap PSI tetap konsisten mengusung Gubernur Jawa Tengah tersebut sebagai capres di Pemilu 2024 nanti.

Bukan tanpa alasan, ia menilai Ganjar Pranowo merupakan sosok yang paling tepat untuk melanjutkan estafet kepemimpimpinan dari tangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Pak Ganjar bisa merangkul anak muda dan semua kalangan. Itu yang sangat kami harapkan. Kami yakin, Pak Ganjar satu visi dan misi untuk melanjutkan proses pembangunan era Pak Jokowi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, perwakilan Aliansi Masyarakat Jogja Bersatu pun menyerahkan petisi berisi desakan pengusungan Ganjar Pranowo dan diterima langsung oleh Ketua DPW PSI DIY, Kamaruddin.

Sigit berujar, sejauh ini, PSI merupakan partai yang paling sejalan dengan komunitasnya, yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, pegawai swasta, pedagang, hingga deretan driver ojek online (ojol).

“Jajaran PSI ini, kan, kebanyakan milenial, ya, sama dengan kami. Maka, kami berharap, PSI DIY pun dapat menyampaikan aspirasi yang kami sampaikan ini kepada pengurus di tingkat pusat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI DIY, Kamaruddin, menuturkan bahwa rekomendasi terkait pencapresan merupakan kewenangan DPP, sehingga pihaknya pun bakal mengirimkan petisi tersebut ke tingkat pusat.

Ia berjanji, akan ikut memperjuangkan aspirasi Aliansi Masyarakat Jogja Bersatu, yang menghendaki sosok Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024.

“Petisi sudah kami terima dan segera kami sampaikan ke DPP. Jadi, kami minta konsistensi DPP juga terkait pencapresan ini. Apalagi, PSI sudah deklarasi Ganjar Pranowo dan Yenny Wahid sebagai capres dan cawapres di Pemilu 2024,” tandasnya.

“Tapi, teman-teman tadi lebih fokus ke capresnya, harus Pak Ganjar. Insyaallah kami perjuangkan. DPP ketika didesak semua DPW, ya, pasti akan mengusung Ganjar Pranowo,” tambah Kamaruddin.

Terlebih, secara prinsip PSI DIY memang menginginkan figur pemimpin yang dapat melanjutkan pembangunan yang sudah diletakkan Jokowi, sepanjang dua perode terakhir. Menurutnya, selaras dengan keinginan dari Aliansi Masyarakat Jogja Bersatu, sosok Ganjar Pranowo sejauh ini dirasa paling tepat.

“Makanya, aspirasi itu akan kami perjuangkan. Kalau kami tidak konsisten, ya, mereka bisa saja menarik dukungan dari PSI,” pungkasnya. (*)

 

Sumber: https://jogja.tribunnews.com/2023/02/26/aliansi-masyarakat-jogja-bersatu-serahkan-petisi-pada-psi-diy-usung-ganjar-pranowo-jadi-capres

Recommended Posts