Legislator PSI: Kesenjangan Kualitas Pendidikan Kota Tangsel Kian Tinggi

Belum terealisasinya rencana pemberian subsidi kepada siswa-siswi yang melanjutkan pendidikan ke SMP di sekolah swasta di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten jadi sorotan. Pasalnya, lewat subsidi tersebut bisa memupus harapan tidak adanya gap kualitias pendidikan di Kota Tangsel.

Hal ini diakui oleh Anggota Komisi IV DPRD Tangerang Selatan dan Ketua Fraksi PSI, Alexander Prabu. Ia menilai  subsidi atau beasiswa tersebut belum terlaksana hingga saat ini. Menurut Alex, dirinya DPRD belum mendapatkan informasi diterbitkan Peraturan Walikota Tangerang Selatan yang secara resmi mengatur aggaran subsidi tersebut.

“Untuk subsidi ini eksekusinya belum sepenuhnya dilakukan,” kata Alex Prabu kepada Marketnesia.id, Kamis (26/08).

Prabu menerangkan bahwa dalam perencanaan sudah dibahas anggaran sebesar Rp1,8 juta persiswa pertahun. Namun saat ini masih dalam taham proses penyusunan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis).

Prabu menyebutkan di Tangsel itu jumlah SMP negerinya lebih sedikit dibanding SMP swasta. Tingginya minat masuk ke SMP negeri menyebabkan daya tampungnya tidak memadai. Karena itu perlu adanya alternatif yakni diberikan kesempatan melalui sekolah swasta dengan sistem subsidi atau beasiswa.

Menurutnya kesenjangan mutu pendidikan yang tinggi berdampak juga pada tidak adanya pemerataan kualitas pendidikan di Kota Tangsel. “Kualitas pemerataan pendidikan tidak terjadi,” katanya.

Karena itu ia meminta Pemkot segera merealisasikan rencana ini.”Kami akan mengawasi terus dan meminta agar pemkot memenuhi kewajiban yang sudah disepakati, saat rakor evaluasi triwulan juga akan kami pertanyakan dan kritisi, jangan sampai hanya janji-janji manis saja,” tegasnya.

Sebelumya pada Maret 2022 lalu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tangerang Selatan, Banten, menjanjikan memberikan subsidi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) kepada pelajar SMP yang bersekolah di sekolah swasta.

Wacana itu didasari jumlah SMP Negeri yang tidak sebanding dengan jumlah SD Negeri sehingga siswa banyak bersekolah di SMP swasta.

“Bagi siswa yang tidak keterima di sekolah negeri kita dorong ke sekolah swasta, dengan subsidi SPP untuk membantu mereka yang memang tidak bisa masuk negeri karena persyaratan,” kata Kepala Disdikbud Tangsel Deden Deni sebagaimana dikutip dari medcom.com.

 

Sumber: https://marketnesia.id/kesenjangan-kualitas-pendidikan-kota-tangsel-kian-tinggi/

Recommended Posts