Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, melakukan pertemuan dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Gedong Wilis, Kompleks Kepatihan, Kota Jogja. Apa yang dibahas dalam pertemuan tertutup itu?

Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Beny Suharsono mengatakan Kaesang hanya datang bersama istrinya yaitu Erina Gudono. Bahkan, keduanya tidak ada yang mengenakan atribut partai.

“Tadi datang sekitar jam 9, saya terima lalu kita antarkan ke Wilis, ruang kerja Ngarsa Dalem. Pertemuan sekitar satu jam,” katanya kepada wartawan di Kompleks Kepatihan, Kemantren Danurejan, Kota Jogja, Minggu (14/1/2024).

“Dan tadi hanya istri saja yang mendampingi dan tidak beratribut,” lanjut Beny.

Beny juga menjelaskan alasan Sultan menerima Kaesang hari ini di Kepatihan. Menurutnya karena kapasitas Sultan saat menerima Kaesang sebagai Gubernur DIY.

“Kan beliau selaku Gubernur DIY di sini dan tamu-tamu juga sudah terbiasa diterima di sini (Kepatihan),” ujarnya.

Terkait apa yang menjadi bahasan dalam pertemuan tersebut, Beny menyebut kedatangan Kaesang hanya untuk silaturahmi.

“Kedatangannya silaturahim sebagai generasi muda berdialog situasi kekinian yang terjadi saat ini. Intinya dialog kekeluargaanlah,” ucapnya.

Menyoal apa yang menarik dalam dialog tersebut, Beny mengungkapkan jika Kaesang meminta masukan dari Ngarsa Dalem. Pasalnya, Kaesang sebagai generasi muda yang juga ketum parpol.

“Menurut saya yang menarik, karena beliau adalah pemimpin muda ingin mendapatkan banyak masukan. Ngarsa Dalem kan juga pernah memimpin hal yang sama dulu, bahkan 3 periode (pasca keluarnya UU Keistimewaan) sehingga pelan-pelan itu disampaikan ke Mas Kaesang,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep melakukan pertemuan dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup.

Pantauan detikJogja, Kaesang tiba sekitar pukul 09.01 WIB di Kompleks Kepatihan menggunakan mobil Alphard warna hitam. Kaesang tiba bersama istrinya, Erina Gudono.

Mengenakan pakaian warna putih, Kaesang dan Erina langsung masuk ke Gedong Wilis. Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup.

Koordinator Substansi Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji membenarkan hal tersebut. Menurutnya, hanya Kaesang dan Erina yang menemui Sultan di Gedong Wilis.

“Hanya Kaesang dan istrinya saja, lainnya menunggu di luar Kepatihan. Kalau pertemuannya di Gedong Wilis,” katanya kepada detikJogja, Minggu (14/1/2024).

Sumber: https://www.detik.com/jogja/berita/d-7140617/pertemuan-tertutup-1-jam-ini-yang-dibahas-kaesang-dan-sultan-jogja

Recommended Posts