DINI PURWONO

Dini lahir di Jakarta, 29 April 1974. Ia adalah pengacara yang berkecimpung sekitar 20 tahun di bidang pasar modal, merger, dan akuisisi. Lulus 2-1 dari Universitas Indonesia, ibu satu anak ini memperoleh gelar master dari Harvard Law School pada 2002 dengan beasiswa Fulbright Scholar. Pada 1997-2005, Dini bergabung di firma hukum Hadiputranto, Hadinoto dan Partners (HHP). Posisi terakhir sebagai Senior Associate. Pada 2005-2008, Dini bergabung di PT Danareksa (Persero) sebagai Kepala Biro Hukum. Ia juga sempat bergabung di firma hukum Roosdiono dan Partners selama 2 tahun sebelum akhirnya bergabung sebagai partner dari pemilik firma di Christian Teo & Partners (CTP). Ia kini DPR RI untuk Dapil Jawa Tengah I (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kabupaten Kendal).

 

RIAN ERNEST

Rian Ernest pada Jerman, 24 Oktober 1987. Ayahnya orang Jerman dan ibunya orang Indonesia dari etnis Tionghoa. Ia kemudian kuliah di Fakultas Hukum UI pada 2005. Rian pertama kali bekerja di firma hukum Melli Darsa & Co. Di sana Rian mengerjakan hukum bidang pasar modal, perbankan, asuransi, mineral, dan migas. Kemudian, seorang kawan lama Rian yang bekerja dengan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  atau Ahok, mengajak Rian untuk magang di Balai Kota.  Kini Wakil Ketua DPW PSI Jakarta itu menjadi mahasiswa Master Public Administration di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Singapura. Ia kini caleg DPR RI untuk Dapil DKI I (Jakarta Timur).

 

GIRING GANESHA

Giring Ganesha lahir di Jakarta 14 Juli 1983. Ayahnya, Djumaryo Imam Muhni (alm.), adalah seorang wartawan foto yang pernah bertugas di kantor berita Antara, harian Berita Yudha, dan majalah Asri. Nama Giring tenar bersama band Nidji, tempat dia menjadi vokalis. Selain sebagai penyanyi, Giring juga beberapa menjadi pengisi suara di film animasi. Giring kini adalah caleg DPR RI untuk Dapil Jawa Barat I (Kota Bandung dan Kota Cimahi).

ANDY BUDIMAN

Andy Budiman dikenal sebagai jurnalis sekaligus aktivis kebebasan berekspresi. Andy Budiman lahir di Teluk Betung, 25 Juli 1973. Pendidikan terakhirnya di Universitas Padjajaran, Fakultas Ilmu Komunikasi S1 tahun 1998. Beliau pernah ikut diklat di Scholarship in crash program for investigative reporting dari Institute Studi Arus Informasi (ISAI) Jakarta tahun 1999, Fellow for Jefferson Fellowship dari East West Center, Hawaii United States of America tahun 2003, dan International Academy of Leadership dari IAF, Guemmersbach Germany tahun 2010. Beliau aktif di The International Conference in Oslo University in Lahore Pakistan sebagai Speaker for “Covering Each Other-in era of Imagined Clashes of Civilization” tahun 2009, di Asia Liberty Forum sebagai Speaker, for “The Role of Internet: Challenges to Liberty Online” tahun 2016, dan di SEJUK (Serikat Jurnalis Untuk keberagaman) sebagai Pendiri tahun 2010-2018. Beliau bekerja di Deutsch Welle Germany sebagai Editor tahun 2010-2014, di Indonesia National Committe for Frankfurt Book Fair 2015 in Germany sebagai Head Of National Committee for Media & External Relation tahun 2015, dan di Jakarta Old Town Revitalization Corporation sebagai Corporate Communication tahun 2016-2017. Ia kini menjadi caleg DPR RI dari Dapil Jawa Timur I (Sidoarjo dan Surabaya)

 

M. GUNTUR ROMLI

Guntur Romli Lahir di Situbondo, Jawa Timur, 17 Maret 1978. Ia belajar di Universitas al-Azhar, Cairo, Mesir dari 1998 sampai akhir 2004. Selama di Mesir, ia menjadi koresponden untuk Majalah Panji Masyarakat (2002-2003) dan Majalah Berita GATRA (2003-2005). Mulai November 2005, ia menjadi pemandu acara “Kongkow Bareng Gus Dur,” talkshow tiap Sabtu bersama mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid di KBR68H, Jakarta, dan disiarkan lebih dari 70 radio di Indonesia. Acara ini berlangsung sampai menjelang Gus Dur wafat pada 2009. Guntur kini adalah bakal caleg DPR RI untuk Dapil Jatim III (Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi).

SURYA TJANDRA

Surya Tjandra lahir di Jakarta, 28 Maret 1971, dari keluarga sederhana. Orangtuanya pedagang ayam potong di Pasar Jatinegara, Jakarta. Ia kemudian kuliah di Fakultas Hukum UI. Surya lalu mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikan hukum untuk program S2 di Universitas Warwick, Inggris, dan program S3 di Universitas Leiden, Belanda. Surya punya kepedulian tinggi dengan isu kemiskinan dan ketidakadilan. Hal ini yang mendorongnya untuk bekerja di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Dosen Unika Atmajaya, Jakarta, ini kini menjadi caleg  DPR RI dari Dapil Jatim V (Kab Malang, Kota Malang, Kota Batu)

 

KAMARUDDIN

Kamaruddin dilahirkan di Aceh Tamiang pada 14 Februari 1977. Kamar menyelesaikan pendidikan formalnya dari mulai tingkat dasar hingga menengah atas di Aceh Timur. Ia hijrah ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1997. Pada 2005 Kamar mengabdikan dirinya sebagai advokat di tanah kelahirannya. Ia bergabung dengan LBH Banda Aceh dan diangkat sebagai Wakil Direktur Bidang Internal. Selanjutnya, pada 2012, Kamar diangkat menjadi Direktur ARK Law Firm Banda Aceh. Ia kini menjadi Ketua DPW PSI Aceh dan menjadi  caleg DPR RI untuk Dapil Aceh II (Kabupaten Bireuen, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh Timur, Kota Langsa, dan Aceh Tamiang).

 

DANIK EKA RAHMANINGTYAS

Danik Eka lahir di Jember, 25 April 1987. Saat ini ia sedang menyelesaikan pendidikan master di Psikologi Intervensi Sosial, Universitas Indonesia. Gadis berdarah campuran Madura-Jawa-Osing ini adalah perempuan pertama yang menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Di tangannya, IPM meraih penghargaan Ten Accomplished Youth Organization pada  2012 di Bangkok, Thailand. Kini ia adalah Wakil Sekjen dan caleg DPR RI untuk Dapil Jatim IV (Kabupaten Lumajang dan Jember).

 

TSAMARA AMANY ALATAS

Tsamara Amany lahir di Jakarta, 24 Juni 1996. Ia pernah magang di kantor Balai Kota Jakarta periode Januari-April 2016 ketika Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi gubernur. Ia sekarang menjabat Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI Bidang Eksternal. Selain aktif di bidang politik, Tsmara juga aktif di bidang sosial, ia menjadi salah satu pendiri LSM Perempuan Politik, organisasi yang bertujuan mengedukasi perempuan tentang politik dan memperjuangkan representasi perempuan dalam sistem politik. Sekarang ia menjadi caleg DPR RI untuk Dapil DKI II (Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri).

 

ISYANA BAGOES OKA

Isyana Bagoes Oka telah malang-melintang di dunia jurnalistik televisi. Ia pernah menjadi presenter berita di Trans TV, TV7, RCTI, dan Metro TV.  Beberapa tokoh dunia, seperti Sekjen PBB Kofi Annan dan Hillary Clinton, pernah ia wawancarai. Lahir di Jakarta, 13 September 1980, Isyana tumbuh dalam keluarga berlatar belakang agama dan etnik yang beragam. Neneknya, Gedong Bagoes Oka, merupakan tokoh pejuang kerukunan antar umat beragama. Ia sekarang Ketua DPP dan caleg DPR RI dari Dapil Banten III (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan).

 

DEDEK "UKI" PRAYUDI

Dedek lahir di Jakarta, 23 April 1984. Setelah lulus S2 Demografi di Stockholm University, Swedia, ia menjadi peneliti di Lembaga Demografi di FEB UI. Hanya setahun, pria yang akrab dipanggil Uki ini pindah ke United Nations Population Fund (UNFPA), juga sebagai peneliti (2013-2018). Uki juga mengelola suatu wadah anak muda untuk berkarya dan menyuarakan pentingnya menghormati perbedaan dan merawat toleransi. Wadah tersebut dinamakan 4.20 Society yang berslogan Respect Differences, Enjoy Tolerance. Komunitas 4.20 Society kini memiliki ribuan anggota di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi Selatan. Musik indie dan clothing menjadi aktivitas utama komunitas tersebut. Uki kini menjadi caleg PSI untuk DPR RI dari Dapil Jabar IX (Majalengka, Subang, Sumedang).

 

MUANNAS ALAIDID

Muannas Alaidid dilahirkan pada 3 Desember 1980 di Jakarta. Ketika SD, Muannas dititipkan di madrasah milik Nahdlatul Ulama. Ketika SMU, ia belajar di sekolah milik Muhammadiyah.  Muannas meneruskan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta pada 2003. Selama kuliah, Muannas magang di sejumlah kantor firma hukum. Setelah meraih gelar sarjana hukum, Muannas mengikuti Kursus Pendidikan Profesi Advokat DPP PERADI Pusat pada 2012. Pada saat yang sama, Muannas kuliah di Pasca Sarjana Fakultas Hukum UI. Sejak 2017, Muannas membuka kantor firma hukum sendiri, yaitu AA (Alai-id-Alatas Law Firm).  Sejak beberapa waktu lalu, ia menjadi Ketua Cyber indonesia, perkumpulan yang berkomitmen melawan intoleransi, radikalisme, dan terorisme terutama di media sosial. Caleg DPR RI dari Dapil Jawa Barat VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta)

 

DARA ADINDA KESUMA NASUTION

Dara Adinda Kesuma Nasution lahir di Pematang Siantar, 4 Agustus 1995.  Ia masuk ke Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP UI pada 2013. Semasa kuliah, Dara menjadi  juara pertama dan finalis favorit Indonesian Innovation and Entrepreneurship Exhibition, UI (2015). Ia menjadi juara pertama lomba Data Driven Journalism yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen, JARING dan Kantor Staf Presiden (2017). Ia juga memenangkan lomba Media Matters Pekan Komunikasi UI (2016). Dara pun terpilih sebagai salah seorang peserta program dua tahun XL Future Leaders. Tak hanya mengisi hidupnya dengan kuliah dan berlomba, Dara aktif di pers mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Dara juga menjadi guru melek internet bagi siswa SD, serta aktif di projek ‘Teman Pubertas’. Puncak prestasi Dara adalah ketika dinobatkan sebagai lulusan terbaik FISIP UI 2017. Ia memperoleh IPK 3,95. Untuk itu, ia diberi mandate berpidato mewakili seluruh lulusan UI saat wisuda pada akhir 2017. Dara kini menjadi caleg DPR RI untuk Dapil Sumatera Utara III (Pematangsiantar, Simalungun, Langkat, Binjai, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Tanjung Balai, Asahan, Batubara)

 

RIZAL CALVARY

Rizal Calvary lahir di  Morowali Utara pada 30 Agustus 1974. Ketika bekerja sebagai jurnalis Investor Daily, ia mulai bergelut dengan isu-isu ekonomi dan bisnis.  Rizal juga penulis yang produktif.  Buku pertamanya berjudul Rasakan Dahsyatnya Usaha Franchise diterbitkan pada 2006. Rizal kemudian merilis buku-buku selanjutanya: Ayo Ke Bank (2007), BRI Menjaga Kedaulatan Rupiah di Jakarta (2007), dan 100 Peluang UKM (2008). Profesi sebagai jurnalis dan produktifitas sebagai penulis, membuat nama Rizal dikenal di jaringan kalangan bisnis dan pelaku usaha secara nasional. Perusahaan besar di kawasan timur yang bermarkas di Makassar, Bosowa Corporation, tertarik dengan kompetensinya. Di Bosowa Corporation, Rizal menjabat dua posisi sekaligus. Group Head External Corporate Communication dan Personal Asisten Chief Executive Officer (CEO). Setelah itu, Rizal membangun bisnis konsultan komunikasi perusahaan dan kebijakan terkait investasi. Rizal kemudian didapuk Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menjadi juru bicara para pengusaha listrik. Kini Rizal adalah Caleg DPR RI untuk Dapil Sulawesi Selatan III (Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Palopo, Luwu, Luwu Timur dan Luwu Utara).

 

YURGEN ALIFIA

Yurgen Alifia lahir di Jakarta, 26 September 1990, dari keluarga guru. Ia kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI (2008-2012). Saat kuliah, ia aktif di organisasi. Misalnya di Forum Studi Islam FISIP UI Lulus dari UI, ia bekerja sebagai jurnalis di Metro TV (2012-2014), Voice of America (2014-2015), dan CNN Indonesia (2015-2016). Kemudian, ia melanjutkan studi Public Policy di University of Oxford, Inggris (2016-2017). Sekarang Yurgen menjadi caleg DPR RI dari Dapil Jawa Barat VI (Kota Depok dan Kota Bekasi).

MUHAMMAD RIZKY

Muhammad Rizky lahir di Palembang, 8 Desember 1978. Ia kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti (1997-2002). Rizky pernah menjadi Abang Jakarta 2001. Tamat kuliah, ia bekerja sebagai jurnalis di Trans Corp (2003 -2004) dan TV One (2007 – 2013). Kini ayah tiga anak ini menjadi caleg DPR RI dari Dapil Sumatra Selatan I (Kab Musi Rawas, Kab Musi Banyuasin, Kab Banyuasin, Kota Palembang, Kab Musi Rawas Utara, Kota Lubuk Linggau).