Bro Sumardy

Sumardy Ma

Ketua DPP

sumardy@psi.id

@sumarketer

@sumarketer

Lahir di Medan, 24 Agustus 1980, menghabiskanwaktu kecilnya di Kabupaten Langkat – 40 kilometer dari pusat kota Medan – yang melatihnya untuk menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan pendidikan yang layak di kota besar. Kecintaan nya terhadap dunia pemasaran muncul saat menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi nya di Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Magister Manajemen di UniversitasGadjah Mada.

Pemasaran selalu dekat dengan inovasi dan kreativitas. Hal ini yang mendorong Sumardy untuk menempuh karir di konsultan pemasaran dan industri kreatif. Kecintaan terhadap industri kreatif dan pemasaran yang juga akhirnya membuatnya memutuskan untuk mengembangkan perusahaannya sendiri, sebuah konsultan pemasaran yang membantu perusahaan lokal dan multinasional memasarkan produk dan merek nya di Indonesia. Ide-ide inovatif nya telah membantu banyak merek untuk melakukan gebrakan di Indonesia.

Kecintaan nya terhadap industri kreatif ternyata belum terwakili dengan baik di bidang politik. Hal itu dibuktikan dengan pilihannya untuk menjadi golput sejak pertama kali memiliki hak memilih. Selama 17 tahun, Sumardy apatis terhadap politik karena dua hal utama: tidak melihat adanya politisi yang layak untuk mendapatkan suaranya dan tidak menemukan organisasi politik yang mengakomodir suara dan jiwa kreativitas anak muda.

Melihat “industri politik” yang begitu kering inovasi dan membosankan tanpa adanya sentuhan anak muda, membuatnya memutuskan untuk terjun dan bergabung dengan PSI sebagai wadah perjuangan anak-anak muda kreatif di Indonesia. Sumardy bertekad untuk membawa PSI mendengar, merasakan dan melibatkan anak muda seluruh Indonesia untuk mengubah dunia politik Indonesia dengan ide, gagasan dan inovasi yang belum pernah dilakukan partai politik lainnya.