Capaian Vaksinasi Masih Jauh Target, PSI Depok: Bukti Kinerja Wali Kota Kurang Optimal

Capaian Vaksinasi Masih Jauh Target, PSI Depok: Bukti Kinerja Wali Kota Kurang Optimal

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Depok kembali mengkritisi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok perihal penanganan pandemi Covid-19 yang dinilai berjalan kurang optimal.

“Capaian vaksinasi yang baru 17 persen dari jatah 1,6 juta orang itu jauh panggang dari api. Ini menunjukkan bahwa kinerja Wali Kota (Depok) rendah alias kurang optimal,” kata Wakil Ketua DPD PSI Kota Depok, Icuk Pramana Putra saat dimintai pandangan tentang penanganan Covid-19 di Depok, Senin (26/7).

Menurut Icuk, adanya penyumbatan kerja sama terutama yang dialami pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan pihak lain untuk membantu pelaksanaan vaksinasi disinyalir menjadi penyebab lambannya percepatan vaksinasi kepada warga.

Tidak hanya itu, dirinya juga menyoroti permasalahan bansos (bantuan sosial) setelah adanya kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ke Kota Depok kemarin.

“Teguran dari Mendagri yang menyebut Pemkot Depok hanya menunggu bantuan dari pusat merupakan tamparan cukup keras jika dimaknai dalam etika dan komunikasi politik,” bebernya.

Alih-alih mengintrospeksi diri, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menurut Icuk malah dengan begitu bangganya membagikan sembako yang berasal dari sumbangan masyarakat yang seakan-akan itu adalah kerja kerasnya sebagai pemimpin daerah.

“Kita tahu bahwa bansos yang dibagikan oleh Wali Kota itu bersumber dari danaasyarakat (APBD). Namun semuanya dibuat seolah-olah itu uang bukan milik masyarakat, melainkan atas kebaikan pemerintah daerah. Ini yang kita sayangkan,” papar dia.

Hal berikutnya yang dikritik PSI adalah masalah pendataan untuk penerimaan dana bansos dari pemerintah pusat. Katanya, masalah sudah hampir selesai namun data untuk penerima belum rampung disusun.

“1 tahun lebih setelah Covid menyerang dan saat ini masih melakukan pendataan penerima Bansos belum rapi, itu bukti nyata Pemkot tidak bekerja,” tegas Icuk.

Ia berharap, Pemkot segera memperbaiki kinerjanya agar pelayanan yang diberikan memuaskan masyarakat.

Sumber: https://jabarekspres.com/berita/2021/07/26/capaian-vaksinasi-masih-jauh-target-psi-depok-bukti-kinerja-wali-kota-kurang-optimal/2/

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Liputan Daerah

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 10 =