Kasus Covid-19 Meninggi di Tangsel. PSI Dorong Pemkot Bikin Rumah Sakit Lapangan

Kasus Covid-19 Meninggi di Tangsel. PSI Dorong Pemkot Bikin Rumah Sakit Lapangan

SEPUTARTANGSEL.COM – Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoroti meningkatnya kasus Covid-19 di Tangsel.

Sementara daya tampung rumah sakit dan rumah lawan covid sudah full dan pasien harus masuk waiting list.

Karena itu, PSI Tangerang Selatan (Tangsel) mendorong Pemkot untuk membuat rumah sakit lapangan.

Ferdiansyah, Ketua Fraksi PSI DPRD Kota Tangerang Selatan dari Dapil Pamulang dalam keterangan resminya menjelaskan, seminggu terakhir ini Tangsel tidak sedang dalam kondisi baik-baik saja.

“Setiap harinya, selalu saja ada pasien Covid yang meninggal dunia. Bahkan minggu lalu, TPU Jombang memakamkan setidaknya 25 jenazah Covid dalam kurun waktu 1 hari,” ujarnya.

Ferdy mengatakan, beberapa hari lalu dirinya mendengar kabar bahwa TPU Jombang memakamkan 2 jenazah Covid tanpa menggunakan peti mati dengan alasan kehabisan stok peti mati.

Meskipun informasinya kantung jenazah sebagai pengganti peti mati dianggap sudah steril.

“Sampai seperti itu kejadian dampak dari Covid-19 di Tangerang Selatan. Setiap harinya selalu ada warga yang mengabarkan terinfeksi virus Covid-19, baik itu dirinya sendiri, keluarganya, sampai tetangga di lingkungannya,” lanjut Ferdiansyah.

Ferdiansyah mengaku, ia telah mencoba mengubungi pihak Dinas Kesehatan, Puskesmas sampai RSU Tangsel. Namun, informasi yang diperolehnya sama. Semua ruang perawatan Covid full, bahkan sampai waiting list untuk bisa masuk dan mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Kondisi rumah lawan covid (RLC) sama seperti yang lainnya, tidak ada ketersediaan ruangan di sana sampai ada juga yang waiting list untuk bisa masuk ke RLC.

“Tidak sedikit warga yang positif Covid melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pantauan dari pihak Puskesmas walau dengan petugas yang terbatas. Hal ini disebabkan karena ketidaktersediaan ruang dari puskesmas itu sendiri maupun rumah sakit,” ungkap Ferdiansyah.

Menurutnya, Pemkot Tangsel harus dapat bergerak cepat dengan mengambil tindakan yang tepat agar warga yang mengalami gejala sedang dan berat mendapatkan penanganan dan perawatan yang baik agar tidak semakin banyak yang meninggal karena Covid ini.

“Salah satu solusinya bisa dengan pembuatan rumah sakit lapangan bekerja sama dengan berbagai pihak yang berkompeten agar warga dapat tertangani,” pungkas Ferdiansyah.

Diketahui, pada Minggu 27 Juni 2021 hari ini, terdapat penambahan angka positif Covid sebanyak 285 kasus dan 1 meninggal.

Peningkatan kasus positif Covid ini lebih tinggi dari hari sebelumnya yang mencapai angka 154 kasus. ***

Sumber: https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/tangerang-selatan/pr-142124978/kasus-covid-19-meninggi-di-tangsel-psi-dorong-pemkot-bikin-rumah-sakit-lapangan

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Liputan Daerah

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 5 =