Tracing Covid-19 Diusulkan Libatkan Operator Seluler, Begini Caranya..

Tracing Covid-19 Diusulkan Libatkan Operator Seluler, Begini Caranya..

Harianjogja.com, JOGJA—Masifnya penularan Covid-19 membuat sejumlah pihak terus mencari cara untuk menekan angka persebaran. Anggota Komisi A DPRD DIY Stevanus Handoko mengusulkan penggunaan teknologi komunikasi untuk mendeteksi persebaran Covid-19. Operator seluler diharapkan ikut terlibat dalam penanganan masalah ini.

Stevanus menilai pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk membantu tracing pergerakan penyebaran Covid-19 sudah tidak bisa ditunda seiring dengan tinggi kasus di DIY. Sehingga kolaborasi antara Pemerintah dengan operator seluler di Indonesia bisa menjadi terobosan dalam advance tracking penyebaran Covid-19.

“Peningkatan pasien terpapar Covid-19 yang sudah sangat signifikan dalam beberapa hari terakhir sudah menjadi sign warning yang keras bagi proses penanganan penyebaran Covid-19 di DIY dan diseluruh wilayah Indonesia. Kami menyarankan perlunya menggunakan teknologi untuk tracing,” ungkapnya Minggu (20/6/2021).

BACA JUGA:  Vaksinasi di Banyumas Sangat Lambat, PSI Minta Jumlah Vaksin Ditambah

Ia menambahkan penggunaan data operator telekomunikasi seperti data Location Area Code ID (LAC-ID) bisa membantu tracing yang lebih akurat dibandingkan hanya bersumber data manual seperti wawancara.

“Data pergerakan masyarakat saat ini harus bisa termonitor terlebih didaerah atau wilayah yang memiliki peningkatan jumlah pasien terpapar Covid-19,” ujarnya.

Politikus Partai Solidaritas Indonesia ini mengatakan kombinasi data demografi, data kependudukan, data kesehatan dan data subscriber operator telekomunikasi sangat memungkinkan membantu proses tracking penyebaran yang lebih akurat.

“Semoga pemerintah daerah maunpun pemerintah pusat bisa bekerja sama dengan mengajak operator telekomunikasi untuk kolaborasi melawan penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Kerja sama untuk mencari terobosan penanganan sangat dibutuhkan dalam kondisi darurat Covid-19 seperti saat ini. Gotong royong dan semangat solidaritas bersama antara pemerintah dan pihak swasta dalam hal ini operator seluler sangat dibutuhkan. Agar proses penanganan lebih akurat, tepat dan pencegahan penyebaran dapat dilakukan dengan lebih baik.

BACA JUGA:  Jelang Akhir Perpanjangan PPKM, PSI Kota Bandung Terus Tingkatkan Pengawasan Penanganan Covid-19

“Prinsipnya kami mendukung keputusan Gubernur terkait wacana lockdown di DIY jika penambahan warga terpapar Covid-19 semakin tidak terkendali peningkatannya,” ujar dia.

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2021/06/20/510/1074968/tracing-covid-19-diusulkan-libatkan-operator-seluler-begini-caranya

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Liputan Daerah

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 2 =