Fraksi PSI Desak Ben-Pilar Transparan Soal Dana Hibah Pariwisata Rp 70,6 Miliar

Fraksi PSI Desak Ben-Pilar Transparan Soal Dana Hibah Pariwisata Rp 70,6 Miliar

Radar Tangsel-Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendesak Walikota Benyamin Davnie-Wakil Walikota Pilar Saga Ichsan (Ben-Pilar) transparan soal dana hibah pariwisata sebesar Rp 70,6 miliar. Desakan itu dilontarkan Sekretaris Fraksi PSI DPRD Kota Tangsel, Alexander Prabu.

Menurut Alex, sapaan Alexander Prabu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel harus terbuka terhadap dana hibah pariwisata dalam APBD 2020 sebesar Rp 70, 6 miliar itu. Kata Alex, Rabu, 16 Juni 2021, telah disampaikan pandangan-pandangan fraksi DPRD Kota Tangerang Selatan terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020 Pemkot Tangsel.

Dan, setelah itu, Fraksi PSI DPRD Tangsel pun mengkritisi dan meminta Pemkot untuk transparan terkait dana hibah dalam APBD 2020 sebesar Rp 70,6 miliar.

BACA JUGA:  Anies Baswedan Beri Satpol PP Kewenangan Menyidik, PSI: Main Polisi-Polisian?

“Kami meminta rincian penggunaan dana hibah pariwisata sebesar 70 miliar selama pandemi kemarin” ungkap Alex, pada Radar Tangsel.Com, Sabtu (19/6/2021), di Tangsel.

Politisi PSI yang dikenal kritis ini pun membeberkan beberapa poin terkait hal itu. “Data terkait jumlah penerima, siapa-siapa saja, berapa besarannya, dan program apa yang telah dilaksanakan, harap dibuka seluas-luasnya ke publik. Upload saja ke website kota Tangerang Selatan agar masyarakat lebih mudah mengakses” pinta Alex.

Wakil rakyat yang rajin menyapa konstituennya ini menilai bahwa Pemkot Tangsel harus berlaku adil dalam pemberian hibah pada para pelaku usaha pariwisata. “Saya rasa akan fair apabila data ini dibuka. Karena, pada dasarnya, seluruh pelaku pariwisata terdampak pandemi. Biar publik juga bisa ikut menilai dan mengawasi dana hibah pariwisata,” tandasnya.

BACA JUGA:  Fraksi PSI Surabaya Sampaikan Tujuh Poin RPJMD 2021-2026

Selain itu, Fraksi PSI juga mengkritisi anggaran belanja pegawai Pemkot Tangsel, yang memakan porsi sebesar 38,46% dari total APBD 2020 kemarin. “Angka ini di atas rata-rata daerah se-Indonesia, yaitu 34%. Sedangkan, belanja modal kita hanya 26%. Artinya penggunaan anggaran belum optimal,” terang Alex.

Mantan auditor andal ini pun meminta agar postur APBD dievaluasi lebih tajam ke depan. “Postur APBD harus dievaluasi kembali untuk ke depannya. Belanja pada sektor-sektor produktif bagi perekonomian dan kesejahteraan rakyat harus ditingkatkan lagi,” pinta politisi dan wakil rakyat yang enerjik dan berjiwa muda tersebut. (AGS)

Sumber : https://radartangsel.com/2021/06/19/fraksi-psi-desak-ben-pilar-transparan-soal-dana-hibah-pariwisata-rp-706-miliar/

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Liputan Daerah

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 2 =