Politisi PSI Usul Peraih Emas Olimpiade Bisa Dimakamkan di TMP Kalibata

Politisi PSI Usul Peraih Emas Olimpiade Bisa Dimakamkan di TMP Kalibata

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan agar peraih emas olimpiade juga berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Karena mereka sudah mengharumkan nama bangsa, layaknya seorang pahlawan.

“Kemarin saya mendengar kabar bahwa Markis Kido, yang menurut saya merupakan Pahlawan Indonesia karena meraih emas olimpiade tidak bisa dimakamkan di TMP Kalibata. Peraturan yang tidak memungkinkan selayaknya diubah,” ujar Juru Bicara DPP PSI Hariyanto Arbi, kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Syarat seseorang berhak dimakamkan di TMP Kalibata telah diatur dalam UU No. 20/ 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Menurut UU itu, mereka yang berhak dimakamkan di TMP Kalibata adalah warga negara yang telah memiliki, gelar Pahlawan Nasional, Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia, Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera, Tanda Kehormatan Bintang Gerilya.

“Nah seharusnya syarat tersebut diperluas, dengan mengikutsertakan peraih emas olimpiade. Jadi, setiap peraih medali emas olimpiade masuk dalam kriteria yang berhak dimakamkan di TMP Kalibata,” ujar Hariyanto.

Hariyanto masih teringat saat puluhan juta rakyat Indonesia memandang Sang Saka Merah Putih yang dikerek naik paling tinggi dibanding negara lain di ajang olimpiade setelah Markis Kido berjuang.

“Almarhum Markis, dengan bercucuran keringat dan jatuh-bangun, mengharumkan nama negara di kancah Internasional. Ia anak bangsa yang luar biasa,” lanjut Juara Dunia Bulutangkis 1995 tersebut.

Ada banyak pahlawan di masyarakat, termasuk dari kancah olahraga. Hariyanto menyatakan, sudah semestinya jasa-jasa mereka juga diperhitungkan dengan layak.

Markis Kido mencapai prestasi terbaik saat berpasangan dengan Hendra Setiawan. Keduanya meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008. Sebelumnya mereka menyabet gelar Juara Dunia 2007.

Sumber : https://www.tribunnews.com/nasional/2021/06/16/politisi-psi-usul-peraih-emas-olimpiade-bisa-dimakamkan-di-tmp-kalibata

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Liputan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × four =