Partai PSI Buka Suara Soal Figur yang Cocok Jadi Capres 2024

Partai PSI Buka Suara Soal Figur yang Cocok Jadi Capres 2024

Jakarta – Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Faldo Maldini menyampaikan pendapatnya terkait figur yang cocok untuk menjadi calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

Dari sepuluh nama yang sering disebut dalam survei elektabilitas yang calon presiden 2024, sebut saja Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, AHY, Puan Maharani, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Mahfud MD, dan Tito Karnavian.

Faldo mengungkapkan bahwa dari Partainya sendiri tetap pada keyakinan penuhnya untuk memilih Giring Ganesha maju menjadi calon presiden 2024.

“Komitmen Giring yang besar untuk bangsa ini dari beliau tinggalkan jalur popularitasnya demi mengabdi pada negara lewat partai politik, dan beliau juga merupakan kader PSI,” ujar Faldo di kanal YouTube Tagar TV, Kamis, 10 Juni 2021, yang dilihat Senin, 14 Juni 2021.

Ia mengatakan bahwa Partai PSI juga sudah berkomunikasi dengan banyak partai terkait pengajuan Giring sebagai salah satu kandidat pada Pilpres 2024.

“Ya responnya beragam banyak juga yang mendukung, tapi juga ada yang sinis tentunya, respon-respon ini harus kita perhatikan sebagai langkah-langkah kedepan,” ucapnya.

PSI, kata Faldo, juga tidak ada masalah pada 10 nama yang sering disebut-sebut sejumlah survei elektabilitas Pilpres 2024, walaupun partainya sudah memiliki calonnya sendiri.

BACA JUGA:  Giring Minta Kader PSI Awasi Penanganan Covid-19 di Daerah

Ia juga mengatakan bahwa PSI sangat berhubungan baik dengan 10 nama tersebut. Partai PSI sendiri sangat dekat hubungannya dengan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil, karena PSI pernah menjadi salah satu partai yang mendukung mereka pada Pilkada.

“Dilihat dari 10 nama tadi jika dari PSI sendiri kita tinggal lihat aja siapa yang paling berkomitmen untuk dipertaruhkan di tahun 2024, jika siap berkomitmen maka partai juga siap mendukungnya,” ucapnya.

Namun, lanjut Faldo, jika dilihat situasi saat ini masih dibilang bisu atau masih belum ada yang secara terang-terangan mendeklarasikan dirinya akan menjadi calon presiden 2024.

“Seperti Pak Anies, Pak Ganjar bahkan Pak Prabowo sendiri juga belum ada bicara atau mendeklarasikan dirinya untuk maju dalam Pilpres 2024,” ucapnya.

Ia mengatakan untuk saat ini yang baru mendeklarasikan dirinya ingin maju pada Pilpres 2024, adalah kader partai Golkar yaitu ketua umum partai Golkar Airlangga Hartanto. Menanggapi deklarasi tersebut, kata Faldo, PSI siap untuk menyatakan dukungannya jika memang ada niat baik dari Golkar sendiri.

“Kita dari PSI siap bicara dengan beliau, tapi ya beliau belum mengajak kita bicara karena kita perlu tau konkretnya apa, tawarannya apa untuk Indonesia ke depannya bagaimana,” katanya.

BACA JUGA:  PSI: Biaya Kremasi Jenazah Covid-19 Luar Biasa Mahal

Faldo juga mengatakan bahwa partainya sangat terbuka dan mendukung untuk semua orang selain orangorang yang memiliki komitmen pada toleransi dan anti korupsi yang bisa mewujudkan semuanya dalam rencana kebijakan. PSI berharap adanya kesetaraan tanpa membeda-bedakan kelas, tahta, profesi dan lain sebagainya.

“Namun yang paling penting dari semuanya ya pak Jokowi harus selesai dulu dengan baik dari tugasnya sebagai Presiden,’ katanya.

Selaku kader partai PSI, Faldo mengajak seluruh partai koalisi untuk menjaga kinerja yang sudah dilaksanakan oleh pemerintahan Jokowi dengan baik hingga massa jabatannya selesai.

“Dengan melihat tantangan yang ada saat ini saya pikir perlu untuk kita memiliki kerjasama yang dimiliki oleh partai pendukung pak Jokowi, menteri-menterinya Pak Jokowi, sehingga kita bisa keluar dari semua kesulitan yang dihadapi,” ucap Faldo.

Pentingnya peran partai politik, kata Faldo, bagi seseorang yang ingin maju pada pilpres, maka akan sulit jika masih menjadi independen.

“Sangat susah memang untuk saat ini kami juga berharap akan ada sosok yang dari independen, dan pada akhirnya juga semuanya akan bermuara dari Parpol,” ucapnya.

BACA JUGA:  PSI Kenang Sosok Ekonom Senior Christianto Wibisono

Ia juga menyayangkan bahwa batasan umur untuk dapat maju pada Pilpres dimulai dari usia 40 tahun, yang menurutnya hal tersebut tidak bisa memberi kesempatan bagi yang ingin mencalonkan dirinya. Kriteria capres yang akan didukung oleh partai PSI adalah orang yang sejalan dan memiliki semangat yang sesuai dengan partai PSI yang anti korupsi dan anti intoleransi.

“PSI akan mendukung orang-orang yang mendukung kesetaraan, yang mampu menjawab permasalahan bangsa ini,” katanya.

Ia berharap nantinya tidak akan ada lagi perpecahan seperti pemilu 2019 dengan adanya istilah, seperti kampret atau cebong.

Sumber : https://www.tagar.id/partai-psi-buka-suara-soal-figur-yang-cocok-jadi-capres-2024

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Liputan Nasional

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 1 =