PSI Dukung Ganjar-Gus Yaqut Wujudkan Rumah Ibadah Umat Buddha di Candi Borobudur

PSI Dukung Ganjar-Gus Yaqut Wujudkan Rumah Ibadah Umat Buddha di Candi Borobudur

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung rencanaMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadikan Candi Borobodur menjadi rumah ibadah umat Buddha di dunia.

“Sebagai partai politik yang menjunjung tinggi pluralisme agama di negeri ini, PSI mendukung penuh rencana serta usulan yang disampaikan oleh Gus Yaqut dan Pak Ganjar. Kami berharap rencana ini bisa segera terealisasi,” ujar Ketua DPP PSI, Tsamara Amany, dalam keterangan tertulis, Senin 1 Februari 2021.

Menurut Tsamara, rencana ini bisa memberikan gambaran kepada dunia betapa pluralisnya Indonesia.

“Bayangkan saja kalau nanti umat Buddha dari seluruh dunia datang ke Candi Borobudur. Indonesia akan menunjukkan bagaimana berbagai macam agama bisa hidup berdampingan di negeri ini,” lanjut politisi muda tersebut.

BACA JUGA:  Giring Ganesha: Anies Tidak Pernah Serius Atasi Banjir

Meski demikian, mahasiswa S2 New York University ini juga mengingatkan agar rencana ini tak berhenti menjadi wacana semata.

“Pak Ganjar kan bilang bahwa dulu pernah diusulkan tapi tak berhasil dieksekusi. Nah saat ini tugas kita mengawal rencana ini menjadi nyata. Jangan sampai ide baik ini berakhir menjadi wacana semata. Insya Allah, PSI percaya di tangan Menag toleran seperti Gus Yaqut, rencana ini bakal terealisasi,” tutup Tsamara.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap Candi Borobudur tidak sekadar menjadi destinasi wisata, melainkan juga rumah ibadah umat Buddha di dunia.

Gagasan ini disambut hangat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar mengingat, pada awal masa tugas sebagai gubernur di periode pertama, dirinya pernah menyampaikan ide tersebut kepada Wakil Presiden Budiono. Tapi belum ada tindak lanjutnya.

BACA JUGA:  PSI Dukung Revisi UU ITE untuk Merawat Demokrasi

 

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Siaran Pers Sikap PSI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 11 =