Siapa pun Pemenang Pilpres AS, Kepentingan Nasional Indonesia Harus Nomor Satu

Siapa pun Pemenang Pilpres AS, Kepentingan Nasional Indonesia Harus Nomor Satu

PSI berpandangan siapa pun yang memenangkan Pemilu AS 2020, Indonesia diharapkan cerdas memainkan peran untuk kepentingan nasional, khususnya pemulihan ekonomi nasional dan stabilitas keamanan di kawasan Laut China Selatan.

“Perang dagang antara AS dan China berdampak besar terhadap perekonomian global, termasuk Indonesia. Indonesia harus mampu memainkan peran dalam menyiasati dampak perang dagang, khususnya penyesuaian hambatan dagang, baik tarif maupun non-tarif,” kata Ketua DPP PSI, Tsamara Amany, dalam keterangan tertulis, Kamis 5 November 2020.

Di sisi lain, kata Tsamara, Indonesia harus lincah dan piawai untuk menyerap investasi dari relokasi pabrik perusahaan-perusahaan besar jika ada kebijakan peningkatan tarif pajak korporasi di AS.

Jika Biden menang, seperti dikampanyekannya, akan ada kenaikan tarif pajak korporasi di AS. “Kalau ada kenaikan tarif pajak korporasi, bakal terjadi aliran modal dari AS ke negara berkembang, termasuk ke Indonesia,” kata Tsamara.

BACA JUGA:  PSI Minta Pemerintah Beri Bantuan Keuangan kepada Perempuan Orangtua Tunggal

Di sisi keamanan regional, Tsamara mengingatkan, AS mendorong adanya Free & Open Indo Pacific yang menekankan prinsip kebebasan navigasi, supremasi hukum dan kedaulatan negara di wilayah Laut China Selatan dalam menangkal kebijakan agresif China, baik militer maupun ekonomi, untuk memperkuat klaimnya dalam menguasai LCS.

“Untuk itu, Indonesia perlu secara cermat memainkan peran untuk tidak menjadi proxy dari rivalitas dua kekuatan dunia tersebut. Indonesia harus menempatkan diri secara terhormat sebagai pihak yang disegani dalam menjaga kedaulatan wilayah sesuai yuridiksi nasional dan UNCLOS, serta prinsip politik bebas-aktif dan aktif mendorong terciptanya perdamaian di kawasan,” pungkas Tsamara.

Pada hari-hari ini, pemilihan presiden AS memasuki masa penghitungan suara. Donald Trump dan Joe Biden bersaing ketat.

Tunjukkan Solidaritasmu!
Siaran Pers Sikap PSI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =