Berbagi Ratusan Paket Makanan Siap Saji di Jakarta Pusat

Berbagi Ratusan Paket Makanan Siap Saji di Jakarta Pusat

Pengurus dan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membagikan ratusan paket makanan siap saji dan masker kepada warga pemukiman padat di Karet Tengsin, di pinggiran Kali Krukut yang bersebelahan dengan TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Jumat 18 September 2020 .

Hadir dalam acara ini Sekretaris Jenderal PSI DPP PSI, Raja Juli Antoni, Sekretaris Direktorat Sosial dan Kebencanaan PSI, Norman Lianto, dan Direktur Lingkungan Hidup dan Perkotaan PSI, Mikhail Gorbachev Dom, serta beberapa pengurus PSI.

Kebanyakan warga yang menerima bantuan berkerja di sektor informal, seperti driver ojek online, pedagang, dan buruh harian yang terdampak dengan pengetatan PSBB DKI Jakarta sejak 14 September lalu.

“Tugas saya memastikan bahwa PSI tidak hanya tegas memastikan anggaran DPRD pro rakyat yang tedampak covid uang lewat perwakilan kami di DPRD se Indonesia, namun juga peka akan kebutuhan rakyat. Alhamdulilah, setiap hari saya menerima laporan bahwa kader-kader PSI di seluruh Indonesia turun dan terus bergerak membantu rakyat sejak pandemi terjadi,” kata Toni di tempat kegiatan.

Acara pemberian bantuan berlangsung penuh keakraban dan mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19. Di sela-sela pemberian bantuan terlihat beberapa warga berkeluh kesah dan menitipkan ganjalan hati mereka pada para pengurus PSI dan ini ditanggapi dengan hangat oleh Toni.

Salah seorang pengurus RT setempat, Suharjo, meminta bantuan alat pemadam kebakaran ringan kepada PSI.

“Kalau berkenan, mohon disumbang alat pemadam kebakaran ringan. Untuk berjaga-jaga, maklum daerah kami rawan,” kata Suharjo.

Menanggapi Suharjo, Toni mengatakan, “Insya Allah kami bantu. Nanti akan kami usahakan lewat anggota legislatif kami di DKI Jakarta.”

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Sosial dan Kebencanaan DPP PSI, Norman Lianto mengaku, sudah mengantongi daftar lokasi di DKI Jakarta yang terdampak paling parah karena penerapan kebijakan PSBB.

“Kami turun ke lapangan sejak PSBB diberlakukan di Jakarta pada Maret lalu.. Karena itu kami sudah mengetahui kantong-kantong pemukiman padat yang membutuhkan bantuan. Sebagian bantuan kami drop langsung dari pusat, namun beberapa juga didrop oleh Anggota DPRD dan Pengurus PSI Jakarta. Kami akan terus berusaha membantu warga,” kata Norman.

Di tempat yang sama, Direktur Lingkungan Hidup dan Perkotaan DPP PSI, Mikhail Gorbachev Dom, berharap makin banyak elemen masyarakat lain bergerak seperti PSI.

“Saya berharap gerakan solidaritas seperti yang kami lakukan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat DKI Jakarta yang lain. Ini seperti konsep subsidi silang, yang berpunya berbagi dengan mereka yang berkorban tidak berkerja demi kesehatan kita bersama. Kota-kota di Indonesia seharusnya tidak kehilangan ciri gotong royong atau solidaritas,” pungkasnya.

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Liputan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.