DPD PSI Halut Bantu APD Ke Puskesmas Kupa-Kupa; Mereka Garda Terdepan Harus Dilindungi

DPD PSI Halut Bantu APD Ke Puskesmas Kupa-Kupa; Mereka Garda Terdepan Harus Dilindungi

HARIANHALMAHERA.COM — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Halmahera Utara (Halut) melakukan aksi sosial di tengah pandemi covid. Salah satunya, memberikan sejumlah bantuan Alat Pelingdung Diri (APD) berupa Masker medis dan Facesheald ke Puskesmas Kupa Kupa, kecamatan Tobelo selatan, Rabu (10/6).

Wakil Sekretaris DPD PSI Halmahera Utara Van Relliy Djuanga SAP mengatakan, bantuan DPD PSI Halut kepada Puskesmas Kupa Kupa adalah suatu wujud kepedulian dan solidaritas terhadap perlindungan keselamatan tenaga medis. Menurutnya mereka sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19.

Apalagi, puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga kerentanan itu perlu diwaspadai.

“Tobelo Selatan yang adalah wilayah pelayanan kesehatan dari Puskesmas kupa-kupa telah terdapat beberapa kasus positif covid-19. Karena itu perlindungan terhadap tenaga medis dan non medis yang bertugas pada fasilitas kesehatan perlu mendapat perhatian serius,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada harianhalmahera.com.

Apalagi, lanjutnya, rencana pemberlakuan New Normal di Kabupaten Halut yang lebih menekankan pada aspek kesadaran dan disiplin melakukan aktifitas sesuai protokol kesehatan. Di sisi lain tidak bisa dipungkiri, kesadaran dan disiplin masyarakat kita masih rendah dalam mengikuti protokol kesehatan.

“Sehingga, kerentanan penyebaran covid masih saja bisa terjadi. Karena itu salah satu aspek yang harus diperkuat adalah jaminan atas keselamatan petugas medis dan non medis yang bekerja di fasilitas kesehatan di beberapa tingkat,” kata Van Relliy.

Sementara, Arisco Zan Longaris, selaku Wasek DPW PSI Maluku Utara yang turut hadir dalam pemberian bantuan, menyampaikan aksi-aksi seperti ini dilakukan PSI secara massif dan konsisten di seluruh kabupaten kota di Indonesia, termasuk di Maluku Utara.

“Aksi seperti ini akan terus berlanjut. Kami percaya, solidaritas tanpa batas seperti ini akan melindungi mereka,” terangnya.

Di sisi lain, bantuan tersebut diapresiasi petugas medis di Puskesmas Kupa Kupa. Yulian, salah satu petugas medis sangat berterima kasih atas kepedulian DPD PSI Halut terhadap petugas medis yang berhadapan dengan rawannya penyakit covid.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan DPD PSI Halut. Bantuan ini sangat berarti bagi kami apalagi wilayah Tobelo Selatan adalah salah satu wilayah yang memiliki kasus positif terbanyak,” pungkasnya.

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Liputan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.