Usut Tuntas dan Adili Pelaku Penembakan Mahasiswa Kendari

Usut Tuntas dan Adili Pelaku Penembakan Mahasiswa Kendari

Menanggapi kabar tewasnya seorang mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, bernama Randi (22 tahun), dengan luka tembak di bagian dada, usai demonstrasi mahasiswa yang ricuh pada hari ini (26/9), Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia menyatakan hal-hal sebagai berikut:

1. Menyesalkan dan menyampaikan duka mendalam atas tewasnya Randi, dan PSI menilainya sebagai bentuk kesalahan prosedur pihak kepolisian di dalam menangani demonstrasi mahasiswa di Kendari, Sulawesi Tenggara.

2. Meminta pihak kepolisian untuk segera membentuk tim pencari fakta yang terdiri dari pihak kepolisian, Komnas HAM, dan pemerintah untuk mengusut dugaan pelanggaran prosedur penanganan demonstrasi oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara dan Polrestabes Kota Kendari

BACA JUGA:  120 Orang Mendaftar Konvensi PSI, Pendaftaran Dibuka Sampai 30 November 2019

3. Mendorong untuk segera ditangkapnya pelaku penembakan dan meminta pertanggungjawaban Komando dari Kapolda Sulawesi Tenggara dan Kapolrestabes Kota Kendari atas insiden itu, untuk siapa pun yang bersalah segera diadili melalui proses hukum yang terbuka.

4. Meminta Kepala Kepolisian RI untuk memerintahkan aparatnya untuk tetap mengendepankan “code of conduct” penanganan demonstrasi sipil yang marak belakangan ini.

5. PSI mendorong semua pihak untuk dapat menahan diri dan mengedepankan pendekatan dialogis untuk mengatasi tantangan ini bersama-sama.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 26 September 2019

Dewan Pimpinan Pusat
Partai Solidaritas Indonesia

Surya Tjandra
Juru Bicara Bidang Hukum

Tunjukkan Solidaritasmu!
Siaran Pers

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.