Setelah Kami Kalah

Setelah Kami Kalah

Grace Natalie
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia

Hasil quick count lembaga kredibel memperlihatkan bahwa rakyat Indonesia telah mengambil keputusan. Sambil menunggu real count sebagai standard konstitusional — kita sudah bisa mengambil kesimpulan mengenai hasil pemilu kali ini.

Pertama, Calon Presiden PSI yakni Pak Jokowi dan Kyai Ma’ruf telah memenangkan pemilihan presiden dengan selisih sekitar sepuluh persen.

Kami sebagai partai pendukung Pak Jokowi merasa gembira atas hasil ini. Kami siap menjadi partner Pak Jokowi menjalankan program-program kerakyatan yang akan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kedua, menurut quick count, PSI mendapat 2%. Dengan perolehan itu PSI tidak akan berada di Senayan lima tahun ke depan.

Kami telah berjuang dengan apa yang kami bisa. Tidak, kami tak akan menyalahkan siapa-siapa. Kader kami, pengurus PSI, Caleg kami, telah bekerja keras siang dan malam meyakinkan rakyat. Tapi inilah keputusan rakyat melalui mekanasime demokrasi yang harus kami terima dan hormati.

Tidak ada penyesalan. Sama sekali tidak ada penyesalan atas setiap tetes keringat dan air mata yang jatuh selama membangun partai ini. Kami, anak-anak muda PSI telah terlibat dalam sebuah perjuangan yang bagi kami sangat luar biasa.

Kami berterima kasih karena di tengah apatisme politik, kami berhasil membuktikan bahwa orang mau berkontribusi: menyumbang uang, membantu mencetak alat peraga kampanye, menyumbang tenaga, pikiran, bahkan meninggalkan pekerjaan mereka demi berjuang bersama PSI. Kepada mereka semua, kami mengucapkan terima kasih.

Saya meminta kawan-kawan pengurus dan caleg tidak putus asa — dan tetap menjaga suara kita. Meskipun kandas melewati  parliamentary threshold di level nasional, tapi saya yakin bahwa akan banyak kawan-kawan yang berpeluang mendapatkan kursi di DPRD provinsi dan kabupaten kota. Ini adalah modal politik yang harus kita rawat.

Perlu dicatat, perolehan PSI 2% atau sekitar 3 juta suara. Ini adalah suara rakyat yang harus diperhitungkan. Meskipun PSI tidak masuk parlemen suara kalian akan tetap kami perjuangkan. Kami akan bekerja sama dengan civil society dan teman-teman media — untuk memperjuangkan aspirasi kalian.

Tak ada suara terbuang, tak ada suara yang sia-sia. Setiap suara dukungan anda kepada PSI — akan dicatat dan diperhitungkan sebagai statement tentang keberanian: suara rakyat yang menginginkan perbaikan parlemen dan partai politik.

Saya ucapkan terima kasih kepada sekitar 3 juta rakyat Indonesia yang telah mempercayai PSI. Kita akan terus memperjuangkan nilai-nilai yang kita yakini. Terima kasih juga kepada puluhan ribu donatur yang telah menyisihkan dana untuk membantu partai ini bergerak.

Kepada teman-teman partai lain yang lolos ke DPR, kami mengucapkan selamat. Selamat bekerja, dan semoga amanah menjalankan tanggungjawab. Kami bersama masyarakat akan ikut mengawasi.

Kepada anda sekitar tiga juta pemilih PSI, saya mengajak agar segera mendaftarkan diri menjadi anggota melalui https://psi.id/menjadi-anggota/ atau datang ke kantor PSI terdekat. Kita segera mengkonsolidasikan diri.

Kepada seluruh kader, pengurus, dan simpatisan — setelah ini kita akan mengatur kembali rencana ke depan. Terima kasih atas perjuangan kalian yang sangat membanggakan. Kita akan terus bergerak. Saya yakin itu — karena saya tak pernah meragukan kecintaan kalian kepada negeri ini.

PSI akan kembali menyapa rakyat. Bukan lima tahun lagi, tapi besok!

We shall return, soon!

 

---

PSI terus bekerja untuk rakyat, dukung PSI melalui Dana Solidaritas, hanya Rp 88.888 per bulan Klik Disini

Tunjukkan Solidaritasmu!
Pidato Ketua Umum

185 comments

  1. Trisno Dwi Rudyanto says:

    Setidaknya kita sudah berusaha, berjuang semaksimal mungkin😁😁😁. Maju terus PSI☺️☺️☺️

  2. Riki says:

    Aku bagian dari 3 juta itu,dan segera akan mendaftar sebagai anggota.
    Saya tertarik karena PSI tidak akan berkoalisi dengan PKS.

  3. K. Pogalin says:

    Sangat disayangkan partai PSI anda kalah. Jangan Putus Asa.
    Menurut saya Cara anda dan garis poltik anda harus dirubah (menurut saya terlalu haluan kiri dan partai anda harus haluan ketengah/kombinasi haluan kanan dan kiri dan kalau saya bolah kritik: Untuk Ketua Partai PSI: Body Language dan suara anda waktu menjampaikan filosofy partai anda kurang mantap/bukan sebagai seorang Politikus. Mohon maaf kalau kritik saya tidak benar) dan terus terang Logo partai anda harus dirubah karena logo partai adalah symbol untuk Int. Partai berhaluan Sosialis jadi bnjak masjarakat Indonesia mash trauma dengan G30S.

    Saya Arek Surobojo yg tingaal udah lama di Belanda dan tetap mencintai IBU PERTIWI NKRIKU DAN BANGSA INDONESIA YG KITA CINTAI DAN BANGGAKAN BERSAMA Walaupun saya udah pegang Passport Belanda.

    Terimahkasih dan MERDEKA!!!!

  4. Supiyanto says:

    Saya pendukung dan anggota PSI walau di tempat saya pamekasan madura belum bisa berbuat banyak.tapi saya bangga dengan integritas PSI.

  5. Dyah Agus Arianto says:

    Jangan pernah menyerah….kebaikan dan kebenaran adalah tetap kebaikan dan kebenaran….Tuhan menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya…segala sesuatu ada waktunya…..Tetap optimis God Bless You PSI

  6. Yosefani says:

    Saya 1 dari 3 juta pemilih PSI, semangatt!! tidak ada yg mudah pada awalnya, baru memulai kurang lebih 3th sudah mendapatkan kepercayaan dari 3juta pemilih adalah pencapaian yg luar biasa.. salut dengan PSI!!

  7. Cipta Satria says:

    Tetap menjadi pilihan anak muda dan generasi cerdas. Semoga PSI dapat selalu mendapatkan posisi di hati rakyat INDONESIA.

  8. Ferdi Muljadi says:

    Respon yg sangat bijak dari sis Grace,

    Walaupun baru melihat hasil quick count tetapi sudah sangat siap mengakui PSI tidak lolos ke DPR.

    Tetap semangat sis Grace dan teman2 di PSI, ada 3 juta rakyat Indonesia yg telah mendukung PSI, salah satunya saya, yg telah memilih PSI dalam Pileg ini dan saya juga sebelum Pemilu ini sudah mendaftar sbg anggota PSI dan tidak pernah menyesal bergabung dgn PSI, semoga saya tetap bisa berkontribusi utk NKRI bersama dgn PSI.

    NKRI harga mati !!!

  9. Dona Riki says:

    Sedih rasanya partai yang saya pilih tidak lolos ke Senayan. 🙁 Tapi saya tetap yakin PSI akan tetap bersemangat membangun iklim demokrasi yang sesuai dengan jiwa politik saya. Milenial, berani, dan jujur. Semoga PSI tetap semangat dan kompak. Salam dari pendukung dan pemilih PSI.

  10. Machsandra says:

    Semoga anggota DPR yang terpilih merespon gagasan besar PSI untuk
    memprioritaskan Draft RPP Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 1990 tentang Perjalanan Dinas Pimpinan dan Anggota DPR RI yang bertujuan untuk menghentikan praktik pemborosan uang yang diakibatkan oleh ketidakjelasan pertanggungjawaban perjalanan dinas anggota DPR.
    Bahwa ada 3 juta rakyat yang ingin perubahan tersebut…..

  11. Yusuf Suharyono says:

    Terima kasih, Bro/Sis.
    Kita telah berjuang bersama-sama. Itu yang paling penting; bukan masalah kalah atau menang. OK, kita hormati keputusan rakyat Indonesia… mereka adalah bro & sis kita juga.
    Yuk kita lanjutkan perjuangan selanjutnya. Tidak perlu menunggu lima tahun lagi, tapi sekarang dan (mulai) di sini!!!

    Terima kasih kepada Sis Grace, teman-teman pengurus PSI, serta semua pihak yang telah mengupayakan PSI kita seperti hari ini. Jangan kapok lalu bilang “Udah… udah… udah yakkk”. 😁😃😍

  12. Ethan says:

    Saya memilih PSI, partai yang mengerti tantangan2 yang kita hadapi di generasi baru, dan mempunyai solusi untuk menghadapi tantangan tersebut. Baik tantangan ekonomis, tantangan sosial, masalah2 hukum. Partai anda berpandang ke depan, tidak mengungkap-ungkap masa lalu, atau merasa “jaman dulu lebih enak daripada sekarang”. Partai anda mengerti bahwa di jaman yang berubah dengan sangat cepat, cara kerja dan pola berfikir yang lama sudah hampir tidak bisa dipakai lagi. Jika Pileg ini diulangi pun saya tetap akan memilih PSI. Terima kasih atas perjuangan kalian, memberikan kebenaran dan suara kepada anak muda.

  13. Ruly Tambunan says:

    Hei… Hei… saya yakin 2% itu tidak menganggap dirinya kalah.
    Segala sesuatu indah pada waktunya.
    Justru saya pribadi akan khawatir bila PSI diatas 10% 😊, saya kuatir akan ada jiwa-jiwa yang belum bisa mengendalikan kekuatannya.
    Semangat PSI, tetap jalankan janji dan tujuanmu. PSI berjaya di pemilu berikutnya.

  14. Daniel Irawan says:

    Di daerah kami (sukoharjo) gaung PSI blm kedengaran.
    Sampai2 td pagi saya hrs pro aktif tanya2 ke PSI, spy bs nyoblos partai psi maupu. Caleg psi.

  15. irma says:

    terimakasih atas segala usaha para kader psi, meski suara kami istilahnya gosong, kami yang memilih psi sama sekali tidak menyesal memilih psi, kita berjuang terus untuk kebinekaan indonesia tercinta.

  16. Rudi says:

    Semangat terus PSI, terus berkarya.
    Saya pilih PSI hari ini. Sayang blm berhasil ke senayan. Tapi optimis PSI terus berkembang dan semakin kuat.

  17. Rio Budihardjo says:

    Semangat terus untuk PSI jangan pernah menyerah. 2% bukanlah kekalahan namun sebuah awal untuk suatu perubahan besar di Indonesia. Terus berjuang untuk membuktikan bahwa masih ada partai yang benar-benar bisa dipercaya oleh rakyat untuk membawa perubahan di Parlemen.

  18. Rene Pierre Buisson says:

    Sy dulu menanyakan ttg cara bergabung di PSI di website fb nya. Tp gk ada tanggapan sama sekali. Mgkn krn saya bukan anak muda jd tidak ditanggapi. Tp gk apa2. Doa saya Mdh2an 5 th lg PSI bisa masuk parlemen

  19. Hendi says:

    Dwar PSI,
    Sejujurnya sy td memilih PSI menjadi salah satu penyinbang 2%.
    Never give up!
    Membangun negeri ini khan bisa tanpa harus jd anggota dewan/ parlemen.
    Ayo smangat💪💪💪

  20. Eduardus Tjandra says:

    Saya yakin sebenarnya banyak rakyat yang punya harapan besar kepada PSI,namun situasi pilpres yang genting ini di mana ada resiko suara nasionalis terpecah sementara di pihak lain juga mengkhawatirkan solidnya kubu lawan membuat banyak yang belum dapat membuat pilihan “ideal” di saat ini. Segala sesuatu indah pada waktunya

  21. Luis hans prawira says:

    1.7 atau 2% kan bukan kalah kok, kurang lebih 5.2jt rakyat uda percaya sama PSI, kalaupun ini dianggap kekalahan, ini bukan kekalahan tetapi kesuksesan yang tertunda
    Maju trus PSI
    #akupsi

  22. Rati says:

    Saya memilih PSI meskipun tahu bahwa besar kemungkinan PSI tidak akan ke Senayan. Namun saya mendukung PSI yang berani menunjukkan posisinya untuk menjaga agar Indonesia tetap sekuler.

  23. Tandiyo Wiiiy says:

    Perolehan 2% sbg peserta pemilu pertama adalah bukti bahwa PSI sdh berhasil utk menarik perhatian rakyat. 3 juta suara lebih merupakan modal awal bagi PSI utk berjuang dg lbh bersemangat lagi. Platform sdh terbentuk untuk pemilu 2024. Maju terus PSI, perjuangan kalian mulia, GBU all 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  24. Amir budiman says:

    Teruskan perjuangan kalian terutama pencegahan korupsi dipemerintahan ,buat undang undangnya ,terutama di departemen yang pakai uang untuk bekerja seperti p.u dan lainnya,sukses utk kalian anak anak muda….

  25. Antonius Tardia says:

    Gagal adalah keberhasilan yg tertunda – begitu kata bijak bestari. Saya percaya PSI akan tumbuh dan berkembang sebagai inti diaspora politik baru yang sehat dan bermartabat di Indonesia. Go go go……. to the better Indonesia 👍

  26. Dimas Satrio says:

    Sebagai partai baru,perolehan sekarang sudah cukup membanggakan. Untuk dapat dipercaya dan masuk PT 4% masih perlu waktu, bukan suatu hal yang instan bagimu PSI. Tapi saya yakin, PSI bisa! Dan PSI bisa memberikan perbedaan pada dinamika berpolitik Indonesia kedepannya !!!

  27. Hanoch David Wattimena says:

    Terus berjuang PSI…..saya sekeluarga akan terus mendukung PSI kedepannya.
    Kami memilih PSI karena kami bangga akan visi misi PSI…kami bersyukur menjadi bagian dari 3 juta pendukung PSI.

  28. Melly says:

    Dear Grace Natalie,
    Kalian tidak.kalah.
    Bahkan pertarungan politik kalian belum dimulai?
    Kapan? Periode selanjutnya. Bersiaplah.
    Ingin menikmati indahnya alam dari puncak gunung?
    Maka perjalanan mencapainya tidak mudah.
    Begitu juga perjalanan politik kalian.
    Tempa dan buktikan kalau kalian sangat layak bagi Indonesia.
    Salam Toleransi.

  29. IB Made Pudja says:

    Gpp, perjuangan membela rakyat, membangun bangsa, tdk hrs ke Senayan.
    Jadikan kekurangan sbg modal utk th 2024.

  30. Hendy gunawan says:

    Pergerakan anak muda yg idealis dan sangat pancasila…saya yakin 5 tahun kedepan kita bisa banyak melakukan banyak hal…demi indonesia yg lebih baik dan lbh maju

  31. Tjong khap Fong says:

    Saya akan tetap bersama PSI
    Saya tidak merasa kecewa bersama 3j juta suara lain nya akan mengembangkan diri berlipat-lipat ganda dan berjuang lebih keras lebih semangat bersama PSI !

  32. Arnez Everton Sidauruk says:

    Setidaknya saya salah satu dari 2% itu yg memberikan dukungan kepada PSI dan kader2nya.. Langkah awal yg baik untuk PSI melebarkan sayap nya.
    Kuyakin PSI tdk sampai dsini sprti partai² baru sebelumnya yg akhirnya mati perlahan².
    KeepFight Aku PSI

  33. Anonymous :) says:

    Hi2.. saya salah satu orang yg mencoblos PSI, jadi bisa dibilang saya salah 1 dari 2% itu.

    Dan seperti kata Ruly diatas.. sebagai 2% saya tidak menganggap PSI kalah.. dari awal beberapa orang disekitar saya sudah berkata “percuma, PSI tidak akan sampai 4%, suara kalian akan hangus” dan saya yakin hampir semua orang di 2% itu pasti mendengarkan hal yang sama..

    Dan saya pribadi selalu berkata, saya memilih untuk apa yg saya percayai, meski mereka tidak lolos 4%, dan suara saya akan sia2, tapi itu cara memilih yang terbaik yang saya punya. Dan saya yakin hampir semua atau mungkin semua orang2 di 2% ini memilih PSI memiliki mindset seperti ini…

    Dan versi pendeknya adalah meski sekarang kalian tidak mencapai threshold.. tapi kalian menang kepercayaan 3jt orang yang mengerti kalau suara mereka mungkin akan hangus.. dan menurut saya kepercayaan 3jt orang itu sudah cukup untuk membuat PSI menang.. or at least in our heart..

    Terus berjuang.. partai kalian masih muda.. partai kalian kebanyakan anak muda.. jalan kalian masih panjang..

  34. Leonardus Rizaldi says:

    Semangat PSI saya yakin tidak semua rakyat yang buta, tetap berjuang dan gaungkan suara kalian terus menerus dan konsisten. Kalian tidak kalah dimata kami.. hanya harus menempuh jarak yang lebih lama untuk pertarungan berikutnya. Berjuanglah bersama-sama dengan partai lainnya yang se-visi dengan kalian dan tetap dukung pak Jokowi dan pak Amin. Kami tunggu perjuangan kalian. Salam sejahtera.

  35. PSI yang terkasih!
    Sejak dideklarasikan PSI ke publik, terus terang saya secara pribadi sangat mengapresiasi atas lahirnya sebuah partai yang benar-benar solider dengan semua keragaman yang terdapat di negara tercinta ini. Dan saya telah mengamati bahwa PSI benar-benar berkomimen dengan misi-visinya dalan sikap dan kata.
    Mungkin karena pengalaman dalam menjalankan partai yang relatif masih tergolong sangat baru sehingga saat ini belum dapat bersuara di Senayan. Saya yakin pada pemilu yang akan datang PSI akan memperoleh suara yang memadai untuk dapat maju. Sebenarnya saya secara pribadi agak menyesal tidak dapat membantu perkembangan PSI pada pemilu tahun ini, walaupun sudah mencoba untuk masuk untuk memberikan dukungan kepada PSI melalui media online tetapi selalu gagal penyebabnya sampai sekarang ini saya belum mengetahuinya. Saya memang tidak tertarik untuk menjadi caleg partai manapun termasuk PSI, tetapi saya akan membantu menjadi relawan semampu saya.
    Semoga PSI dapat menjadi besar pada perjalanan 5 tahun kedepan ini dengan memberikan suara yang benar dan bermartabat secara lantang untuk mengurangi akibat terburuk yang akan terjadi di negara ini.

  36. Johny Wijaya Santoso says:

    Ini baru langkah awal bagi PSI untuk mendobrak tradisi politik lama. Saya yakin dan percaya, 2024 tidak ada yang mustahil, pasti kita akan berpesta merayakan PSI yang masuk senayan. Tetap semangat, kerja keras, yakin jalan anda jalan kebenaran.
    Salam Solidaritas

  37. M . Alescabalo S. says:

    saya harap psi bisa menampung aspirasi saya walaupun seperti itu saya akan tetap dukung psi untuk 5 tahun ang akan datang dan esok hari terus tampung aspirasi kami terutama anak anak muda

  38. Saya sedikit sedih, namun semangat ini masih terus membara. Walaupun kita kalah sekarang, perjuangan kita tidak boleh usai sampai disini.
    “Tidak ada anak yang baru lahir langsung bisa berjalan.” Semua butuh proses. Dan ini lah proses yang harus PSI jalani. Penuh perjuangan.
    Ayo PSI tetap semangat! Insyallah jika kita tetap istiqomah, 5 tahun lagi merupakan saat nya kalian memperjuangkan suara kami disana.
    Sata bersama kalian, tetap optimis, dan mempercayakan suara saya kepada kalian.

  39. Widijana says:

    Tetap semangat PSI 2℅ tanda bahwa anda teman-teman hebat… Jangan kendor biarlah tetap berjuang dalam membangun negri Indonesia. Mungkin kursi di Senayan blom bisa didapati tapi masih bisa kita berjuang dimana pun kita berada untuk Indonesia lebih baik. Terimakasih buat kerja keras semua teman-teman semua.
    Bravo PSI, 🤗🤗

  40. Anonymous says:

    Saya suka ide PSI. Hanya saja kritik saya kepada Partai ini adalah :

    1. Tolong para anggotanya untuk kampanye lebih aktif. Jangan hanya lewat medsos doang. Berkampanye itu harus turun langsung ke masyarakat, ke seluk beluk masyarakat dan jangan manja dalam melakukan itu. Harus ada HR yang melakukan itu agar lebih tertata rapi. Memang target anda millenial tapi lawan anda professional. kita, kaum millenial juga butuh melihat anda secara personal dan langsung.

    2. Tolong bagian media lebih kreatif. Terutama dalam tawaran tawaran ide perubahannya. Buat ide animasi yang lebih baik dalam hal menjelaskan ide ide yang ditawarkan. Jangan H-3 sebelum pemilu baru dilakukan. Itu sangat salah menurut saya. Harusnya digalakkan lagi
    Ide ide kreatif harus dijual lebih masif.

    3 Menurut saya yang ditekankan adalah meritokrasi bukan semtra mata masalah intoleransi dan poligami. Saya rasa Grace Natalie banyak melakukan blunder dalam memimpin partai ini. Menurut saya anda bukan politikus yang handal karena anda tidak tahu emosi masyarakat. Yang anda lihat hanya emosi anda saja. Sangat sangat disayangkan. Politikus yang baik tahu menggunakan kalimat yang tepat.

    4. Semoga PSI mampu merubah diri dan menjual itu semua di DPRD. Galakan dan iklankan keberhasilan anda di daerah. Gunakan sistem yang anda maksud dan bongkar setiap keburukan di DPRD. Tayangkan di YouTube dan konfrontasi para koruptor di daerah dengan sistem anda.

    Menurut saya partai ini bagus, hanya saja ketua umumnya sering blunder.

  41. Sebagai partai baru, wajar bahwa jangkauan PSI belum bisa luas. Sementara ini kelihatannya jangkauan PSI baru bisa diterima oleh kalangan nasionalis terdidik yang berada di perkotaan dan luar negeri. masih banyak daerah atau segmen masyarakat yang belum terjangkau oleh PSI, perlu waktu. Mungkin PSI dari sekarang perlu memulai penetrasi ke generasi muda, pelajar, mahasiswa untuk memberi mereka edukasi mengenai demokrasi, pluralitas, wawasan kebangsaan yang berdasar Pancasila dengan corak Bhinneka Tunggal Ika. Baik juga jika edukasi ini meliputi program kepemimpinan, kewirausahaan yang bisa menunjang kemandirian ekonomi generasi muda. Hal ini sangat penting untuk membentuk basis pemilih PSI dimasa depan, sekaligus menjadi penangkal terhadap indoktrinasi dari paham2 radikal yang tidak sejalan dengan Pancasila yang saat ini kelihatannya sangat intensif dan sistimatis diarahkan kepada generasi muda. Saya salut dengan semangat dan kerja keras PSI. Deferensiasi PSI sudah tepat, banyak orang tertarik karena identitas PSI yang berbeda tersebut. Penggunaaan media sosial untuk menyebarluaskan visi, misi dan identitas PSI bagus sekali

  42. Muara Sitanggang says:

    Saya seumur hidup adalah pemilih Banteng, bahkan dijaman orba sudah ikut kampanye sejak masa SD. hari ini saya mengajak istriku mencoblos PSI hanya karena melihat ada yg lebih garang dari banteng dalam menyuarakan kebenaran Dalam bingkai NKRI. PSI harusnya lambangmu adalah Singa.

  43. Martin says:

    Kecewa PSI tidak lolos ke parlemen, tapi pernyataan politik ketua umum yang luar biasa, mengakui hasil quick count.
    Tetap semangat dan berjuang terus ya

  44. Tunggul Sujarwo, ST, MBA says:

    Partai baru dgn 2%? Luar biasa 👍

    Kekurangan suara salah satunya karena banyak generasi muda yg idealis dan nasionalis terutama anak kos atau kontrak, tidak bisa pulang kampung untuk mencoblos. Perlu diperjuangkan sistem di kpu.

    Untuk bisa “return” di 5 tahun kedepan, sesuai dengan teori marketing, harus intens diisi dgn iklan dan promo kegiatan.

    G luck PSI. Semoga sukses 👍

  45. Frisdian says:

    Saya dan keluarga ga nyesal pilih PSI hari ini. Jika platform dan perjuangannya masih seperti sekarang, 2024 saya akan pilih lagi. Semangat!

  46. Jonri Kardo Sinaga says:

    Memang sekarang kita blom sampai ke senayan. Kita harus tetap solid pemilu selanjutnya kita berjuang lagi

  47. Ivan Wijaya says:

    Saya sangat bangga telah menyumbangkan semua suara saya (Caleg DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota) untuk PSI. Meskipun PSI belum menang di tingkat Nasional, saya yakin PSI ke depannya akan terus menjadi partai yang sarat akan perubahan dan gebrakan-gebrakan yang luar biasa. Terus berkarya dan tetap semangat untuk seluruh kader PSI, saya akan mendukung dan mendoakan 2024 PSI akan menjadi partai besar!

  48. PSI partai baru yang menurut saya sangat berani mengambil resiko pembatasan usia kadernya. Sebagai partai baru, mungkin akan lebih baik jika memberikan juga kesempatan kepada masyarakat yang ingin menjadi wakil rakyat walaupun usianya diatas 45thn (dibawa 56thn), tetapi track recordnya bagus.

    Saya adalah simpatisan PSI di Jayapura, Papua. Semoga niat baik PSI untuk berpartisipasi dalam politik di Indonesia akan terus berkobar dan akan menjadi bagian di DPR-RI dalam pesta demokrasi mendatang..

    Salut dengan perjuangan mbak Grace Natali.

    #SalamSolidaritas

  49. Kristanto Budiprabowo says:

    Tetap semangat kawan muda. Masa depan perjuangan masih panjang. Saya masih menaruh harap, jika partai ini memperlihatkan konsistensi perjuangannya, dan terus vokal memberikan kritik pada sistem yang tidak adil, akan makin banyak orang bersolidaritas juga.

    Cara juang anda semua telah menginspirasi banyak orang.

  50. Maaf kami tidak berhasil mendorong PSI ke parlemen, namun sayapun tidak menyesal sama sekali, sebaliknya bangga bisa menjadi bagian dalam memperjuangkan perubahan menuju bangsa yang berhikmat dan bermartabat. Saya yakin, bukan kami tidak mampu akan tetapi jalan kami masih belum sampai, saya akan lebih keras lagi dalam mendukung PSI asalkan PSI tetap komit menjaga integritas, visi dan misinya.

    Salam solidaritas.

  51. Flora says:

    Tidak ada perbuatan benar yang sia-sia.
    PSI sudah menjadi obor harapan yang kami harapkan tidak akan padam, bahkan bisa menyala semakin besar dan semakin terang!
    Jagoan memang seringnya kalah duluan, untuk bangkit dan menang dalam kemuliaan di level yang lebih tinggi. Di level ini, villain level tinggi yang langsung dikalahkan!

    Demi Indonesia baru, maju terus PSI!

  52. Alexander Budhi Setia says:

    Ini adalah awal perjuangan yang tentu membantu partai ini akan lebih dewasa dalam ikut serta dalam kontelasi politik negara besar Indonesia. Tak ada perjuangan yg sia sia bahkan ini modal yg dapat di sumbangkan buat membangun bangsa ini…Merdeka!

  53. Atu Paulinus says:

    Saya bangga telah memilih PSI walaupun belum lolos 4%. PSI telah memberi cakrawala baru dalam perpolitikan Indonesia. Semoga PSI memberi banyak kontribusi yang baik demi kemajuan Negri tercinta ini…

  54. Holmes says:

    Setiap perjuangan selalu memerlukan titik awal, saya sebagai salah satu pendukung PSI, optimis bahwa 2 % akan menjadi 20 % 5 tahun lagi, mari cerdaskan masyarakat
    dengan

  55. Oza Kevin says:

    Aduh PSI, sebagai partai yang “fresh”. Jangan anggap diri kalian kalah. Bayangkan, 2% itu besar lho. Jangan kalian pikir 2% itu cuma upil. Itu menandakan kalian mulai dipercaya masyarakat. Kalian harus mulai membangun kepercayaan itu agar kalian kawula muda dapat menunjukkan ide cemerlang kalian demi membentuk Indonesia yang cerdas yang digandeng oleh para kawula muda cerdas Indonesia. Please, jangan patah semangat. I want you to raise your head. Don’t go down. I really love all of you.

  56. cornelius hariyanto says:

    Apa yang telah di suarakan dan di kerjakan sis Grace dan PSI, tidak akan sia sia. Suara itu akan terus bergaung di hati bangsa kita. Tetaplah semangat dan bersinar. Tuhan memberkati selalu

  57. MMG says:

    2% buat partai kemaren sore itu sebenernya bagus loh. Yang dibawah anda itu ada partai yang beneran dari jaman saya SMA udah ada sampai sekarang bahkan ga sampe 1%

    Terus berjuang, PSI. Terus bikin gerakan yang bisa bikin anak muda jadi ga apatis sama politik.

    ps: saya bukan kader, saya cuma orang yang tadinya cringe sama partai ini sampai akhirnya cukup terkesan.
    pps: kalo bikin iklan partai lagi, jangan yang model recehkan twitter kayak “Buah apa yang kulitnya kuning, dagingnya putih, namanya pisang, hayoo buah apa?”. Please stop. STOP! YAMERO!

    Biarkan jokes twitter dan shitpost berhenti di twitter dan page shitpost.

  58. Birohmah Vitanti says:

    Saya, salah satu orang yg memilih PSI…dan saya….tetap bangga pada PSI….maju terus PSI….tetap semangat.

  59. Yulianda tony says:

    Saya termasuk yang kecewa psi kalah, saya mencoblos partainya dan untuk caleg juga mencoblos dari psi jakarta timur…
    sebenarnya sempat berharap banyak sama partai ini, sempat berharap bahwa anak2 muda ini bisa membawa perubahan, memutus rantai korupsi dan isu2 sara… tapi apa dikata, kita sudah berusaha, dan ini lah jalannya…
    semoga 5 th lagi kita kembali bertemu dan saya pasti akan kembali mencoblos PSI…
    Semangaaatt…

  60. Anna Lee says:

    Tetap semangat walapun tdk bs menang dlm skala nasional namun PSI telah menoreh sejarah dan memenangkan hati kami!
    Tetaplah berjuang!
    Tetaplah maju terus

    PSI bak embun pagi yg menyejukkan kalbu kami yg mendambakan kesetaraan keadilan di bumi Pancasila

    Bukakanlah setetes air bila terus diteteskan, 1 hari akan mampu memecah batu karang yg kokoh ?

    Kami akan tumbuh bersamamu !

  61. Anna Lee says:

    Tetap semangat walapun tdk bs menang dlm skala nasional namun PSI telah menoreh sejarah dan memenangkan hati kami!
    Tetaplah berjuang!
    Tetaplah maju terus

    PSI bak embun pagi yg menyejukkan kalbu kami yg mendambakan kesetaraan keadilan di bumi Pancasila

    Bukakah setetes air bila terus diteteskan, 1 hari akan mampu memecah batu karang yg kokoh ?

    Kami akan tumbuh bersamamu !

  62. Roby says:

    Sebagai partai baru, saya sangat salut dalam sepak terjang ilmu politiknya. Semoga di masa mendatang rakyat akan memperhitungkan kinerja dan tujuan yang mulia dari kader kader PSI. MAJU TERUSSS

  63. Aditya says:

    Salut buat PSI. Jangan menyerah. Semua akan indah pada waktunya. Banyak hal yang masih bisa diperjuangkan. Tetap berjuang.

  64. leo says:

    tetap semangat……
    sangat negarawan sekali psi…..
    sudah saya coblos 3 kertas suara semua dengan psi….
    jangan putus asa……saya selalu bersama psi

  65. Theo says:

    Selamat PSI. Awalnya saya kesel dengan segala macem bentuk kampanye alay kalian. Tapi di seluruh kampanye alay kalian, pesan pesan kalian unik dan konsisten. Jujur saya sedih melihat kekalahan ini, tapi saya yakin kekalahan ini, justru kesempatan bagi PSI memenangkan hati rakyat di luar senayan, di jalan, dan di warung kopi bersama rakyat.

    Untuk para caleg, ayo duduk di warkop bersama konstituen kalian, jadilah wakil rakyat yang sesungguhnya, hadir dalam rakyat, dsn mengabarkan kesulitan rakyat!!

  66. agung says:

    Tetap berjuang menebar kebaikan buat masyarakat..
    masih banyak daerah2 yang butuh relawan.. mungkin dari hal kecil yaitu tentang kerelawanan PSI bisa berkarya buat masyarakat… krn berkarya tak harus di parlemen. tp bisa kita mulai dari kegiatan sosial kemasyarakatan agar PSI bisa dikenal masyarakat untuk kesuksesan pemilu mendatang. Pasca pemilu.. disitulah niat tulus bisa dibuktikan. kalah menang tetap berkarya….
    kenalkan diri dimasyarakat dengan kegiatan kerelawanan..

    dengan tetap mengedapankan transparansi. krn itulah modal kita dipercaya masyarakat..
    salam bela rasa

  67. Yuli Aryanto says:

    Pepatah mengatakan kekalahan adalah kesuksesan yang tertunda….busungkan dada mu tegakkan dagumu mari melangkah bersama menuju Indonesia Satu….Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa….mari kita golong lagi persatuan sosialisasikan kembali harapan dan tujuan berdirinya PSI.

  68. Virgilio says:

    Pemilu kali ini, saya dan keluarga memutuskan memilih PSI sebagai partai yg kami percaya.. Kami bangga menjadi bagian dari 2%, suatu benih baru yg akan bertumbuh dengan baik dengan nilai” yg luhur dan berkomitmen.
    Jujur kami tidak kenal siapa calon kami di daerah kami, karena sosialisasi mereka kurang, dan kami tidak lihat itu saat nyoblos tadi, tapi kami percaya PSI memiliki kader yg penuh dgn potensi yg luarbiasa.
    Tetaplah semangat dan terus melangkah kami akan selalu mendampingi dan doa kami menyertai.
    GBU.

  69. indra herryantho says:

    3 juta suara luar biasa, sy berharap 5 tahun lagi bisa tembus PT, untuk itu perlu menunjukkan kerja nyata dan itu dimulai lagi HARI INI. Sukses PSI

  70. Judhy Kristianto Souisa says:

    Tetap semangat 💪💪. Saya tetap akan memberikan suara saya hanya untuk PSI yg akan membawa perubahan bagi Indonesia yg Baru.

  71. Rudi andreas says:

    Saya punya ekspektasi besar kpd PSI … Percaya deh kalo idealisme kalian tidak berubah, kalian akan dpt tempat lebih baik… Di Senayan. Kritik : utk dapil Lampung, kenapa calegnya hanya dari kabupaten Tuba dan Tubaba saja, padahal ada beberapa kabupaten lain. Mungkin sosialisasi dan penjaringan kadernya kurang masiv…. TRIms. Gbu

  72. Rapid Rider says:

    Tetap semangat… Ini hanya belum beruntung, jangan bilang kalah.. karena kami yakin dengan PSI sebagai pilihan kami… Teruslah berjuan..!!

  73. Ardi says:

    Saya berumur 45th, saya pilih PSI, saya mau dukung gerakan kaum muda krn kalian adalah pengganti kami. Jaga moralitas yg baik! Saya percaya suara saya tidak sia-sia krn kalian baru memulai perjuangan!

  74. Merry says:

    PSI harus Tetap semangat, karena ini awal dari Perjuangan Kalian semua. Saya pribadi bangga ada kader2 anak muda yang begitu peduli dengan Negara Indonesia yang kita cintai ini.

    Rasanya darah ini mendidih apabila dengar ada ketidak adilan di negeri ini dan ada bebera orang hanya peduli kepentingan pribadi dan golongan, bukan kepentingan.bangsa.
    Tapi saat ini saya hanya bisa berpartisipasi dengan memberikan dukungan suara saya untuk PSI.

    Pesan saya buat Rakyat Indonesia ke depan, tolong pakai Hati Nurani kalian, untuk.memilih wakil rakyat, jangan terpengaruh berita2 provokasi, tapi pilihlah orang yang benar2 mau bekerja dan berjuang untuk kepentingan Rakyat Indonesia secara keseluruhan.

    Harapan saya buat PSI, tetaplah berkarya dan berjuang sebaik2nya, ingat…. tidak perjuangan yg akan sia2 bila kita memang tulus menjalaninya.

    Apabila manusia belum.menghargai perjuangan kita, ingatlah ada Tuhan yang selalu melihat apa yang kita lakukan. Lakukan saja bagian kita dengan benar, maka Tuhan akan lakukan bangianNya !
    Pasti akan ada jalan terbuka bagi orang2 yg bersandar kepada Tuhan, apapun agaman kita !

    Maju Terus PSI…!!! Bravo..!!!

  75. Martinus Raharjo Suryanto says:

    Saya termasuk salah satu di antara 2% itu. Tetap semangat, PSI. Saya akan terus mendukung gebrakan-gebrakanmu dalam usaha memperbaiki sistem kenegaraan ke arah yang lebih baik.

  76. DEDI ANTON says:

    Tetap optimis,
    Langkah masih seluas Indonesia..
    KECIL bukan tak BERARTI..
    Karena Nanti,,
    PSI dapat merubah wajah INDONESIA jauh lebih baik lagi..
    SEMANGAT..!!!

  77. Erni P. Kolopaking says:

    Saya tidak menyesal memilih PSI dalam bilik suara, kemarin hari Rabu tgl. 17 April 2019,
    karena saya yakin bahwa suara saya untuk PSI tidak sia-sia, walaupun PSI tidak melampaui threshold. Tolong sampaikan kepada Grace: “Saya akan terus mendukung PSI untuk membawa pembaharuan di DPR kelak.”

  78. Tomas Habibillah says:

    Saya pemilih psi dan mungkin beberapa pemilih di kab Musi Banyuasin, semangat PSI saya yakin kedepannya bisa lebih baik, terutama untuk pengkaderan, di wilayah kami zero caleg untuk PSI

  79. Don Tibuludji says:

    Jangan putus asa atau hilang semangat. Kami semua masih tetap mencintai dan mendukung PSI dengan visi & missi nya. Maju terus… Tuhan memberkati kalian semua !

  80. Berry P. says:

    2% modal awal yg bagus. Lima tahun lagi bisa lewat 4% atau ambang batas. Semangat terus PSI! Lakukan yg terbaik!👍

  81. Ong Dhany Hariyanto says:

    Kenapa harus merasa kalah? Saat ini mungkin ada beberapa kader PSI yg akan menjadi wakil rakyat di DPRD, pakai kesempatan untuk untuk menunjukkan kualitas kerja.
    Saya yakin 5 tahun mendatang pasti sudah siap membawa suara kami ke Senayan.
    TETAP BERSEMANGAT

  82. IMHO
    Ketua umum nya harus nya diganti. Sorry to say bukannya rasis, kita harus liat dengan realita bahwa grace chinese jadi ini sulit banget buat buka wawasan masyarakat untuk memilih PSI.

    Semoga ada perubahan yang lebih baik ditahun 2024.

  83. Leonardus Depa Dey says:

    Dear kawan2 anggota, simpatisan dan pemilih PSI. Perjuangan baru saja dimulai. Hasil Pemulu 2019 ini bisa dijadikan baseline data. Mulai besok perlu gerakan nasional menjemput bola mendaftarkan 3 juta suara yang sebagiannya selama ini mungkin silent readers. Bukan anggota, bukan simpatisan militan tapi mau mendukung PSI. Perlu timeline yang jelas kapan 3 juta suara pemilih ini identitasnya terkonfirmasi masuk database PSI? Tidak cukup hanya menghimbau mereka untuk mendaftar di web PSI. Perlu campaign sekuat Pemilu termasuk jemput bola ke tempat-tempat mereka. Inilah saatnya membangun sebuah partai kader. Dengan modal dasar 3 juta pemilih, jadikan mereka kader militan antikorupsi, antidiskriminasi, dll spt tagline PSI selama ini. Kita sangat-sangat perlu membangun sebuah partai kader yang solid dan profesional mulai besok. Mari saweran lagi untuk hal ini. Galang lagi dana publin untuk ini. Kita perlu memastikan PT 4% tidak naik di 2024. Atau jika pun naik, perlu kita pastikan kita mampu melampauinya. Mulai besok, setiap hari itu bernilai. Satukan tekad dan maju! Kita bukan partai 5-tahunan. Kita partai dengan visi besar Indonesia 2045. Perkuat basis kader dan pendidikan politik 3 tahun ke depan sebelum persiapan Pemulu 2024. Untuk Sis Grace dan Bro Anthoni, tolong pastikan para punggawa PSI di DPP tetap solid. Salam solidaritas!

  84. Tri Sulistiono says:

    Sebagai pendatang baru 2% atau equal dng approx 3.000.000 bukan jml yg kecil. Tinggal bgmn merawat jalinan komunikasi dng 3.000.000 orang yg telah memilih/memberikan suara, inilah bagian yg paling menentukan nasib PSI kedepan..!
    Saya percaya…ibarat suatu produk yg benar2 baru….kok lsg direspons 3 juta orang..! Ini adalah sesuatu yg luar biasa…!!! Pasti ada sesuatu yg diminati dan menarik perhatian para voter…!!!
    Yuuk…kita cari “formula basic” dan “program perawatan”….Sukses PSI…!!

  85. Efraim Manopo says:

    Terus kawal NKRI, Lawan Korupsi, Tolak intoleransi… tidak duduk diparlemen bukan berarti perjuangan selesai. Untuk Indonesia maju dimanapun berada kami tetap berjuang. Kalo bukan sekarang kapanlagi, kalo bukan kita, siapa lagi.
    #optimis

  86. moonwalker says:

    ayo psi, sya termasuk dari 3 juta pemilihmu. perlihatkan aksimu untuk membangun daerah. buatlah pencitraan di level terbawah dulu agar tumbuh kepercayaan para pendukungmu untuk mendorong lebih tinggi lagi. selamat berjuang, tetap semangat!

  87. Eko hariyanto says:

    Kami respect atas konpres dari pengurus pusat PSI
    Kami selaku rakyat di bawah..hanya ingin memberikan masukan kepada seluruh jajaran pengurus PSI baik dari pusat hingga di daerah..
    Kami melihat pada pemilu ini PSI hanya bermain pada isu2 nasional dan mengekor pada elektabilitas pak JOKOWI..
    Kami belum melihat aksi Riil kader PSI di tingkatan bawah..
    Maka kami berharap untuk pemilu ke depan PSI sebagai partai bisa hadir di masyarakat sebagai solusi persoalan2 kerakyatan tanpa ada embel2 PEMILU..
    Demikian masukan kami..semoga bisa jadi referensi ke depan
    Terima kasih

  88. Rahel Butar Butar says:

    PSI Keren, bu Grace dgn sigap membuat pernyataan, ini ada pertanggungjawaban terhadap konstituen , luar biasa, sy pribadi sangat suka dgn visi ,misi, semangat, bagaimana PSI dgn cepat berkolaborasi dgn berbagai elemen bangsa, memiliki integritas yg mumpuni, sangat cepat dan sigap menanggapi dan menangani permasalahan dan sangat adaptif terhadap perkembangan yg ada, termasuk memanfaatkan teknologi ( ditunggu vidio pendidikan politiknya ) itulah politik yg sesungguhnya, bukan nyantai nyantai …. dgn 2 % itu sangat luar biasa, dgn visi misi yg berbeda dgn umumnya ( mengambil diffrensial ) itu tdk mudah, artinya ada 3 jt masyarakat yg ingin di parlemen itu ada perubahan..

    PSI tetaplah ada, tetaplah perjuangkan hak rakyat, yakin one day PSI pasti menang ….

  89. Andrianto says:

    Jangan ada yang menundukkan kepala dan angkat kepala…pandanglah kedepan…berbanggalah dan tetap semangat. 😊

  90. Dimitrius Gihon Ryoku says:

    Jgn pernh mengatakan kalah wahai pemuda pemudi indonesia. Perjuangan kalian belum selesai masih ada perjuangan yg sebenarnya di depan sana. Teruslah berjuang mungkin di tahun depan akan ada kesempatan untuk maju. Semangat pemuda pemudi Indonesia… udah…udah…udah hehehehe

  91. 🙂 Semangat untuk PSI, harusnya PSI lebih memperkenalkan para caleg nya lagi, karena di tps yang saya lihat, kebanyakan yang masih abu-abu, mereka hanya memilih partainya (PSI) saja, namun tidak pada calegnya. Terimakasih.
    Saya yakin akan PSI, 20% dari Hak suara saya dari 5 surat suara, saya berilan pada PSI.

  92. Jhon Naibaho says:

    Dear PSI
    Kami juga berharap PSI bisa melanggeng ke Senayan. Namun melihat hasil QC, kemungkinan syarat PT tidak dapat dipenuhi. Kami berharap semua jajaran Pengurus PSI tetap bersemangat. Bravo PSI

  93. Feri says:

    Hai PSI. Saya salah satu dari 3 juta suara itu. Untuk itu, saya meminta untuk PSI tetap eksis buat sampai pemilu 2024, jangan sekedar numpang lewat. Satu lagi, di mana saya bisa melihat perolehan suara PSI di daerah? Terima kasih. Tetap semangat. Kita belom “udah – udah”

  94. Cassiopeia Alhambra M says:

    Saya satu noktah tak berharga dari yang tiga juta. Dan saya lega, senang, bangga. Kalah menang bukan hal yang utama. Perjuangan belum selesai. Belum apa-apa.

    Maaf bila saya, dan sekian dari yang tiga juta, tidak bisa mencatatkan diri kami di keanggotaan partai karena masing-masing dari kami punya pertimbangan pribadi. Oleh karena itu, mohon, mohon terus buka kanal komunikasi untuk menampung aspirasi kami, orang-orang biasa, rakyat jelata, warga negara yang tidak punya akses apa-apa. Demokrasi bukan sekadar titip suara di bilik pencoblosan dan setelah itu putus, mandat terlupakan. Demokrasi adalah titip uneg-uneg, keluhan, temuan, usulan, terus-menerus tanpa henti. Oleh karena itu, dengan kerendahan hati, dengar, dengarlah kami.

    Tetap semangat. Terus perjuangkan slogan-slogan, program, visi, misi, amanat konstitusi. Jangan akhiri jadi janji manis semata. Jangan biarkan ekspresi pengharapan kami tersia-sia.

    https://youtu.be/eSRKNB038VM

  95. Ihsan Amin says:

    Dear PSI,

    Saya bangga karena i am part of those 2%. I am #psi. Saya pun bahagia, setidaknya PSI jawara di ppln frankfurt, dan selalu tiga besar di beberapa ppln. Saya yakin, setidaknya, akan ada beberapa anggota PSI yang bisa ke parlemen, walau untuk saat ini tidak terwakili di parlemen. Saya masih berharap dengan keajaiban bahw dengan tambahan suara di ppln, PSI bisa melewati treshold parlemen

    Tidak ada suara yang terbuang dan sia sia. Saya yakin, Berjuang untuk perubahan tidak hanya lewat parlemen, tetapi bisa melalui civic society seperti mbak grace tulis.

    Dengan values yang PSI perjuangkan, saya yakin, di pemilu berikutnya PSI bisa berjaya.

    Salam Perubahan

  96. Hamba says:

    All the best to PSI. Saya org luar negeri. PSI is a breath of fresh air. Perjuangan parti nya baik sekali. Just don’t go too extreme , ya. Need stamina to carry on, Your party is young and people in your party, teruskan aje. Pasti Berjaya satu hari nanti, insha’Allah. Young party with matured thinking. Remember, We are All equal in humanity. Best of luck from Kota Singa.

  97. Muhammad suhermanto says:

    Saya meyayangkan…kenapa di daerah saya tidak ada sama sekali calon dari PSI di pileg kemari…apakah ketidak adanya calon atau bagaimana…???PANGKALAN BUN-KALTENG
    SUKAMARA-KALTENG

  98. Muhammad suhermanto says:

    Saya menyayangkan…di daerah saya kenapa di pileg kemarin tidak adanya calon yang maju dari PSI…salam dari PANGKALAN BUN-KALTENG

  99. Sopian Halim says:

    Suara saya tetap untuk PSI. Saya bangga PSI bisa memperoleh suara terbanyak di New Zealand. Semangat terus. Semoga lima tahun lagi PSI bisa duduk di Senayan.

  100. doni says:

    Tetap berjuang dan tetap semangat, 2% bukan angka yang sia sia, ini adalah first steping stone, loncatan akan lebih jauh lagi setelah ini.Tetap semangat menggelorakan dan perjuangkan anti diskriminasi, anti intoleransi, anti korupsi dan perjuangkan mafia perdagangan yang menyebabkan harga pangan tinggi tidak tetjangkau, bukan harga yang stabil tapi tidak terjangkau(turunkan harga beras, daging sapi dan telur ayam) dengan memberikan pupuk dan bibit gratis kepada langsung kepada petani/peternak(bukan kepada mafia).Bantu dan subsidi distribusi hasil pertanian/ternaknya ke sentra sentra pasar secara langsung. Solusi ini pasti menurunkan harga,tapi meningkatkan kesejahteraan petani/peternak. Saat ini banyak oligopoli peternak ayam,bahkan mafia nya.

  101. Muspiar says:

    3 juta suara bukan suara yang sedikit, apabila 3 juta suara bersatu dan berkumpul, kita pasti akan mendapatkan sesuatu. Jangan berhenti, jangan lepaskan setangkai bunga pengharapan.

    Di tepian kita lebih bisa mengendalikan diri, mau melawan aruspun akan lebih mudah karena di tepian cenderung dangkal, mau mengikuti atus juga bisa bahkan lebih aman mengikuti arus di tepian.

  102. Joey says:

    IlovePSI, i vote for PSI.. tapi Kurangnya suara PSI di daerah, berarti ada yg kurang dengan pengurus daerah..

    harapan sy kedepan PSI khususnya di manado punya figur yg lebih OK dan memiliki suara / elektabilitas yg bisa mendorong suara / masa lebih banyak lagi, dan tentunya bukan x koruptor..

  103. fery says:

    partai baru.dg semangat baru yg mana di dlmnya terdapat kader yg smart.kompeten dan berintegritas
    saya yakin 10th yg akan datang psi akan jd partai besar….maju terus psi…

  104. Agus says:

    Andai gue bagian dari simpatisan atau kader psi, mungkin all out bantu raih suara di daerah saya. Tapi karena tak pernah “tersentuh” hanya baca2 di medsos kemarin cuma sokong 13 suara dari saya dan anggota keluarga.

    Bolehkah saya tamatan SD gabung PSI untuk th 2024 nanti?

  105. Arie says:

    Assalammualaikum.
    PSI sangat bijaksana dalam menyikapi Pemilu 2019.
    Saya Coblos PSI,muskipun sementara mendapat 2%,namun harus tetap berjuang demi bangsa dan Negara kita Tercinta.
    PsI bukan hanya Milik kawula Muda,saya bisa buktikan bahwa Ortu saya yang usianya 72 Tahun,juga dukung PSI.
    Tetap Semangat,maju terus,pantang menyerah.
    Terima kasih………….
    Wassalammualaikum.

  106. Candra says:

    Saya benar2 salute dengan PSI, dan saya tidak menyesal telah menjadi bagian dari 2% tersebut. Saya berharap PSI dapat berkembang dan memperoleh suara lebih banyak di masa mendatang.

  107. Jemi Hunga says:

    PSI harus terus semangat dan wajib tetap eksis..ini baru pemilu permulaan, dan sudah mampu mengalahkan analisis oknum parpol kompetitor yang selalu mengolok-ngolok sebagai parnoko, buktikan tidak seperti itukah hasilnya?2 % itu sudah luar biasa walau tidak masuk di Senayan, tapi tetap bisa berkiprah di daerah dan kota yang mendapatkan kursi.
    kesempatan pemilu selanjutnya tetap ada selama masih konsisten di medan juangnya sebagai partai anak muda yang kreatif dan kritis analitis.
    Berkoalisi dan mendukung pemerintah saat ini sudah pilihan tepat, hindari politik SARA, fokus pada belajar, terus mikir, banyak nyari solusi dan siap kerja, Yakin Bisa!!
    Bravo for The Young Team PSI..God Bless Forever..

    *) Silent Supporter PSI
    From Sumba Timur NTT 😃

  108. Muspiar says:

    3 juta suara bukan suara yang sedikit, apabila 3 juta suara bersatu dan berkumpul, kita pasti akan mendapatkan sesuatu. Jangan berhenti, jangan lepaskan setangkai bunga pengharapan.

    Di tepian kita lebih bisa mengendalikan diri, mau melawan aruspun akan lebih mudah karena di tepian cenderung dangkal, mau mengikuti atus juga bisa bahkan lebih aman mengikuti arus di tepian.

  109. Budi says:

    Saya kira saya sendiri di kampung saya mendukung kalian, gak tahunya ada 3 simpatisan lain, sepertinya perjuangan kalian lebih berhasil dari yang kalian kira. Mungkin belum duduk di Senayan , tapi ini bagi saya adalah sesuatu yang luar biasa, karena selain 3 orang lain yg tidak saya ketahui di kampung saya ternyata ada jutaan lagi yang menginginkan perubahan yang sebenarnya. Tetap semangat dalam mengawal aspirasi kami si 3 jutaan !!!

  110. Vera Ovelina says:

    Semangat terus,PSI. Saya dan seluruh keluarga saya,mendukung & mendoakan PSI. Sangat berharap perubahan ke arah yg lebih baik,terjadi, di bangsa ini, melalui PSI. AMIN!

  111. erick tobing says:

    Saya salah satu pemilih partai baik ini, entah bakal ada ato tidak wakil di dprd sini, tetap semangat masbro mbaksis,

  112. E.Quenda says:

    PSI jangan patah semangat. Ternyata pendukung kalian terutama yang di Luar Negeri sangat tinggi, terutama di TPS tempat kami tinggal. Kami perlu anak-anak muda yang berdedikasi tinggi teritama untuk merangkul para milenial untuk turut membangun Indonesia dan mempertahankan keutuhan serta kejayaan NKRI. Turut berjuang ya adik-adik , kami mendukungmu.

  113. Jonathan S. Handoyo says:

    Saat ini mungkin Tuhan belum memberi yg terbaik untuk PSI. Tapi saya yakin, Tuhan akan memberikannya pada saat yg tepat kelak. Yang lebih penting untuk semua rekan² di PSI, jangan mudah menyerah. Perjuangan kalian bukan hanya di kursi DPR RI, masih banyak hal² yg perlu kita perjuangkan bersama di luar sana. Seperti kata Pakde Jokowi, KITA HARUS OPTIMIS..!
    Ok guys, Good job so far & God Bless to all of you, always.

  114. Basma says:

    Saya yakin PSI akan menjadi partai yang besar. Saya sangat mendukung PSI. Saya sangat suka gaya politik PSI yang berani menjadi partai oposisi. Saya anak muda dari Bali. Ingin menjadi bagian dari PSI. Karna saya dan kita semua peduli sama negara kita negara Indonesia.

  115. Basma antara says:

    Saya yakin PSI akan menjadi partai yang besar. Saya sangat mendukung PSI. Saya sangat suka gaya politik PSI yang berani menjadi partai oposisi. Saya anak muda dari Bali. Ingin menjadi bagian dari PSI. Karna saya dan kita semua peduli sama negara kita negara Indonesia. Maju terus PSI.

  116. Sutrisno says:

    Bukan kalah, munkin, akan tetapi memang PSI belum di kenal oleh masyarakat luas..
    Tp dengan adanya kantor kantor PSI yg harusnya akan meluas di seluruh pelosok tanah air indonesia.tahun 2024, optimis bisa meraih suara lebih dari yg kita targetkan

  117. lodrick leba says:

    Menurut saya, psi gagal merai suara minimum untuk lolos ke senayan ,karena kurang turun kader / caleg dri psi untuk mensosialisasikan keberadaan dan visi/misi PSI di tengah masyarakat kecil,,apalagi PSI adalah partai baru yang notabene kebanyakan masyarakat awam belum benar benar tau

  118. Ruly ardhiansyah says:

    Saya tertarik di psi walau partai baru tapi visi misinya jempol..sedikit saya tambakan…rakyat indonesia jangan dilihat dari segi profesi secara dominasi..karena disisi lain profesi rkyat indonesia beragam,contoh tukang parkir,dan tukang serabutan(semua pekerjaan dilakukan)..kata serabutan ini yang lebih di perhatikan..mreka bukan pengangguran hanya melakukan kerjaan apapun yang ada demi keluarga..ini yang sering di susupi oleh mafia2 narkoba dan pikiran kriminal2… Padahal jumlah profesi ini jauh lebih bnyak di bandingkan profesi laennya

  119. Progress yang luar biasa untuk partai baru sekelas PSI, tetap semangat dan terus berbenah untuk mewujudkan tujuan2 kita bersama seluruh golongan, suku, agama, ras, dan budaya saling bahu membahu dalam membangun NKRI melalui PSI. Salam solidaritas!

  120. Iswahyudi says:

    Mungkin indonesia terlalu luas, atau saya yg kurang peduli dg partai politik. Karna bagi saya mereka seperti sampah, produck gagal demokrasi., saya kemarin pilih psi bukan karena visinya, maaf baru baca tadi pagi. Tapi lebih berharap siapa tau ini partai beda dengan partai lama yg mandul menurut saya, budek, picek ra due utek.

    Jika pantas di bela. Saya pasti bela. Trimakasih buat psi udah berbuat untuk nkri

  121. Alo says:

    PSI akan menjadi partai utama dan akan menjadi partai presiden di Indonesia jika program dan penerapannya disenangi dan setujui sebagian besar rakyat yang mempertahankan Pancasila dan NKRI; untuk tujuan itu maka programnya untuk kepentingan semua rakyat termasuk semua yang berusia berhak memilih president dan wakilnya di dpr; untuk tujuan itu juga, dalam ucapan menyapa rakyat gunakan sapaan yang lebih terhormat seperti bapak ibu saudara yang saya hormati menggantikan sapaan bro dan sis dan kalian

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.