Hari Ibu, Sekjen PSI Bicara Angka Kematian Ibu dan KDRT

Hari Ibu, Sekjen PSI Bicara Angka Kematian Ibu dan KDRT

Hari ini, 22 Desember 2015, diperingati sebagai Hari Ibu.

Terkait itu, di twitter-nya Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menegaskan Hari Ibu sejatinya memperingati hari perempuan-perempuan hebat.

Dia pun menggugah opininya dengan hastag #IbuInspirasiBangsa.

Menurut Juli, Hari Ibu di Indonesia diperingati untuk mengenang Kongres Perempuan tahun 1928 dimana berbagai organisasi perempuan se-Indonesia berkumpul memikirkan nasib bangsa.

“Perempuan terlibat sejak awal dalam membentuk Indonesia. Perempuan-perempuan hebat yang berada di garda terdepan bangsa,” kata Raja Juli.

Dikatakan, kini perempuan-perempuan hebat itu tersebar di berbagai profesi. Ada yang bekerja di rumah, jurnalis, manager, guru, supir, pedagang, politisi, dan sebagainya.

“Mereka tetap menjadi #IbuInspirasiBangsa meski tanpa kebaya . Tetaplah menjadi #IbuInspirasiBangsa para perempuan Indonesia.Tanpa kalian Indonesia tidak ada apa-apanya,” kata Raja Juli.

“Perempuan kuat melahirkan bangsa yang berkarakter #IbuInspirasiBangsa ,” Raja Juli menambahkan.

Lalu apa makna terdalam peringatan Hari Ibu 2015?

Raja Juli mengatakan pastikan angka kematian ibu semakin turun. Sebab data menunjukan tiap 100.000 melahirkan masih 190 orang ibu meninggal.

“Bahkan kita kalah 1 peringkat dari Kamboja,” kata Raja Juli.

Selain itu, kata dia, stop Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebab ini perilaku barbar yang mesti hilang dalam kehidupan modern dimana tidak ada alasan suami boleh melakukan kekerasan fisik dalam bentuk apapun.

“Begitu juga kekerasan verbal dan psikis,” kata Raja Juli.

Lainnya dia juga menyuarakan stop poligami karena ini adalah bentuk perilaku paling buruk superioritas laki-laki di atas perempuan.

“Dorong kesetaraaan perempuan dalam mengakses pendidikan, pekerjaan & layanan publik lainnya. Promosikan lebih banyak perempuan menjadi pemimpin publik,” kata Raja Juli.

“Begitulah lima cara kader PSI menghargai para. Telepon Ibu-mu, istrimu, adik/kakak perempuanmu, pacarmu. Minta restu mereka untuk perjuangan mulia ini,” kata Raja Juli.

Kultwit Sekjen DPP PSI bertajuk “MAKNA TERDALAM PERINGATAN HARI IBU” tersebut bisa diakses di tautan berikut:  http://chirpstory.com/li/297606

Tunjukkan Solidaritasmu!
Kolom Kultwit

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.